BANGKANEWS

Pemkab Bangka Imbau Warga Segera Hubungi Puskesmas Bila Demam Berat

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengimbau pada masyarakat apabila mengalami sakit demam plus pilek mengarah sakit berat sebaiknya melaporkan pada puskesmas di masing-masing kecamatan.

“InsyaAllah akan dijemput dan dibawa ke rumah sakit atau puskesmas dengan ambulan PSC119,” kata Boy kepada Lensabangkabelitung.com, Jumat, 20 November 2020.

Boy menyampaikan tujuannya tentang upaya memutuskan penyebaran covid-19 dengan cepat. Menurutnya cara tersebut merupakan upaya preventif melalui kebijakan Pemkab Bangka.

“Kalau memang hasil rapid test maka akan di-swab, kalau di rumah kita tidak bisa memahami dan tidak diketahui apakah reaktif atau non reaktif,” paparnya.

Namun, terdapat pengecualian terkait kebijakan ini, Boy menjelaskan apabila sekedar demam biasa dipersilakan untuk dirawat di rumah, tetapi apabila demam dicampur pilek dan sesak nafas mengarah pada indikasi Covid-19, ia menegaskan untuk menghubungi puskesmas.

“Alhamdulillah, puskesmas sudah siap dilengkapi mobil PSC119 dalam darurat, tanpa dibayar langsung dibawa ke RS Kabupaten,” ujarnya.

Sejauh ini, pihaknya pun telah meminta puskesmas untuk berkomunikasi dengan kadus dan kades apabila ditemukan kendala dalam penanganan, misalnya penolakan oleh warga saat hendak dibawa ke rumah sakit. Untuk itu jika dari hasil swab test berbuah positif Covid-19 maka akan dirawat RSUD Depati Bahrain dan bila positif tetapi tanpa gejala maka akan dikarantina di Asrama Haji dan Badan Diklat Provinsi Babel.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button