BANGKA TENGAHLENSA KRIMINALNEWS

Gagalkan Penyelundupan Pasir Timah di Pantai Terentang, Polisi Nyamar Jadi Kuli Angkut

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sebanyak 77 karung pasir timah dengan berat yang diperkirakan mencapai 3,5 ton berhasil diamankan anggota Direktorat Polisi Perairan dan Udara Ditpolairud Polda Bangka Belitung dari aktivitas penyelundupan pasir timah ilegal di Pantai Terentang Desa Terentang Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah, Senin dini hari tadi.

Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditpolairud Polda Bangka Belitung Komisaris Ade Zamrah mengatakan anggotanya harus bekerja keras bahkan sampai menyamar untuk bisa mengungkap aktivitas penyelundupan timah tersebut.

“Anggota menyamar sebagai kuli angkut dan membaur bersama kuli lain memindahkan timah ke atas kapal. Bahkan anggota yang menyamar sempat dimarahi oleh petugas pengawas lapangan,” ujar Ade kepada wartawan, Senin, 2 November 2020.

Ade menuturkan pola penyelundupan yang dilakukan adalah dengan ship to ship atau antar kapal, dengan pasir timah yang akan diselundupkan dipindahkan ke atas kapal di Pantai Terentang lalu dibawa ke tengah laut untuk dipindahkan ke kapal lagi jenis speed.

“Dipastikan pola seperti ini akan membawa pasir timah ke luar wilayah hukum Polda Bangka Belitung. Namun untuk nahkoda S, masih bungkam dan belum mau memberikan keterangan kemana akan diselundupkan timah ini. Termasuk juga bosnya siapa,” ujar dia.

Halaman:

1 2Next page

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button