BANGKA SELATANNEWS

Desa Tiram Ingin Dikenal Sebagai Desa Bahasa, Apa Sebabnya?

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Desa Tiram, Kabupaten Bangka Selatan diproyeksi untuk menjadi desa percontohan bagi desa-desa lain. Terutama soal pembelajaran berbahasa. Di desa ini ada kegiatan belajar bahasa asing, yang disebut Program Bahasa Arab dan Inggris.

Sabtu, 28 November 2020, Program Bahasa Arab dan Inggris di Desa Tiram diresmikan. Peresmian tersebut langsung dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Bangka Selatan, Sumadi. Ke depan, Desa Tiram dapat dijadikan sebagai pilot project bagi perkembangan dunia pendidikan.

“Saya berharap Desa Tiram akan menjadi contoh bagi desa lainnya yang ada di Bangka Selatan ini. Jika Tiram Desa Bahasa maka desa lain juga bisa mengembangkan Desa Sains, Desa Edukasi dan lain sebagainya yang dalam hal ini bisa menjadi ajang edukasi bagi masyarkat Bangka Selatan,” kata Sumadi, di Desa Tiram. Sabtu, 28 November 2020.

Kepala Program Desa Bahasa sekaligus Ketua Panitia, Ahmad Habibi mengakui hal yang tersulit dilakukan ialah pembangunan di masa depan bagi generasi berikutnya.

“Maka demikian itu, harus dipersiapkan dengan detail, terkonsep dan tentunya dengan program yang nyata. Program bahasa ini kami harapkan bisa melahirkan generasi yang kaya akan wawasan kebahasaan sehingga nantinya meraka bisa berprestasi di dunia pendidikan,” harapnya.

Kehadiran Bahasa Arab dan Inggris, terang Habibi telah menjadi kebutuhan pokok dengan begitu seiring dengan prospek kemajuan Bangka Selatan ke depan yakni beberapa Kecamatan di Basel akan menjadi zona kawasan industri.

“Nantinya Sadai akan menjadi pusat industri dengan berdirinya Kawasan Industri Strategus. Tidak menutup kemungkinan nantinya akan banyak perusahaan asing yang akan masuk,” paparnya.

Selanjutnya, program berbahasa ini akan ditawarkan kepada anak-anak usia belajar di Desa Tiram sesuai dengan minat dan bakat dan akan masuk kelas sebagimana pendidikan formal lainnya.

Di tempat yang sama, Dosen Universitas Bangka Belitung, Ari Wibowo dalam sambutan Kepala Desa Tiram, program ini termasuk program pemberdayaan masyarakat yang bersumber dari Dana Desa tahun 2020, diharapkan melalui program ini anak-anak dapat berprestasi di akademik.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button