BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KRIMINALLENSA POLITIKNEWS

Bawaslu Launching Posko Pengawas Pilkada dan Pengendalian Covid-19

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan melaunching posko pengawas terpadu untuk melakukan pengawasan pilkada dan pengendalian Covid-19 di Desa Pangkalbuluh Kecamatan Payung.

Ketua Bawaslu Bangka Selatan Sahirin mengatakan posko pengawasan terpadu merupakan salah satu upaya pencegahan yang dilakukan Bawaslu dalam mengawasi dan mengawal proses pilkada.

“Selain itu, karena dimasa pandemi ini tidak hanya melakukan pengawas tapi bagaimana Surat Edaran Bawaslu RI juga mengamanatkan untuk melakukan pengawas protokol kesehatan Covid-19,” ujar Sahirin kepada wartawan, Selasa, 24 November 2020.

Ia menuturkan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan seluruh kepala desa se-Kabupaten Bangka Selatan dan sudah menyurati terkait dengan posko pengawas terpadu untuk pengawas pilkada dan pengendalian Covid 19.

“Kami tidak bisa bejalan sendiri, butuh suppor penuh dari semua pihak baik itu kepolisian dan juga pemerintah desa. Mudah-mudahan dengan ikhtiar ini masyarakat kita sehat, pilkada kita berjalan lancar, aman dan damai dan tidak muncul kluster penyelenggara pemilu ditahun 2020,” ujar dia.

Untuk secara teknis, kata Sahirin, posko pengawas terpadu akan diisi dari Panwaslu desa dan pengawas TPS serta perangkat desa dan juga bhabinkamtibmas yang akan melakukan ronda pengawasan.

“Setiap orang yang berasa dari luar akan masuk ke Desa akan dilakukan pengecekan suhu tubuh, dan akan ditanya dari mana, mau ketemu siapa, dan ketemu siapa. Biar kita bisa mentegsi sedini mungkin terjadinya pelanggaran. Apakah untuk melakukan serangan fajar atau untuk silaturrahmi keluarga dan ini akan kita kawal dengan baik Karena ini salah satu upaya pencegahan kita,” ujar dia.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Agus Siswanto mengatakan, posko pengawasan terpadu di Desa Pangkalbuluh merupakan satu percontohan dan akan diadopsi ke desa-desa yang lain sebagai upaya pencegahan terjadinya pelanggaran dalam pilkada.

“Upaya pencegahan harus diperkuat sehingga untuk penindakan hukum yang mengarah pidana bisa kita cegah dan hindari. Dan kita dari kepolisian melalui Bhabinkamtibmas akan ikut dalam pengawasan terutama masalah protokol kesehatan Covid-19,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Desa Pangkalbuluh, Marjan mengatakan pihaknya pemdes Pangkalbuluh mendukung dan siap bekerjasama dengan Bawaslu agar Pilkada Bangka Selatan ini berjalan dengan aman dan lancar. 

“Kami mendukung penuh Bawaslu dalam melakukan upaya pencegahan demi menjaga kelancaran pilkada berjalan akan, lancar dan damai. mudah-mudahan kita mendapatkan pemimpin Bangka Selatan yang amanah,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button