NEWS

Banyak Kluster Bertebaran di Belitung Expo 2020

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Kegiatan Belitung Expo 2020 yang diadakan Dinas Koperasi UKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung secara resmi dibuka hari Minggu sore, 22 November 2020. Kegiatan yang berlangsung lima hari dikawasan Pantai wisata Tanjung Pendam tahun ini dengan tema pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Acara rutin tahunan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Belitung yang biasanya berbarengan dengan peringatan hari lahir Kota Tanjung Pandan kali ini pun berbeda. Setiap stand yang berpartsipasi dalam acara tersebut dibagi dengan nama yang erat dengan Covid-19.

“Ada tujuh kluster yang berpartisipasi, yakni Kluster Umum, Kluster Halal food Street, Kluster Barista, Kluster Perhotelan, Kluster PKL, Kluster Tanaman Hias, dan Kluster UMKM yang lahir di masa Pandemi Covid-19,” terang Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Adnizar, Minggu, 22 November 2020.

Pengelompokan dengan sebutan kluster, kata dia, agar di masa pandemi pelaku usaha tidak takut dan tetap bergairah berinovasi agar menghasilkan produk yang baru serta dapat menggerakan roda ekonomi di Belitung. Bahkan dalam masa pandemi muncul UMKM yang baru yang siap bersaing.

“Ada dua puluh satu UMKM yang lahir dimasa pandemi ini. Artinya ada pemulihan ekonomi,” terang Adnizar.

Di tempat yang sama Bupati Belitung Sahani Saleh dalam pembukaannya mengatakan, meskipun Expo tahun ini tak semeriah dibanding tahun sebelumnya dikarenakan tanpa partisipasi UMKM dari Kabupaten atau daerah lainnya namun tak menyurutkan kemeriahan kegiatan ini. Baginya fokus Belitung Expo 2020 kali ini adalah tentang strategi pemasaran UMKM Belitung itu sendiri.

“Memanfaatkan pemasaran secara digital melalui IT kita dukung untuk peningakatannya,” kata Bupati yang akrab disapa Sanem ini.

Dia menghimbau kepada masyarakat yang datang untuk meliahat Expo ini untuk lebih memperhatikan protokol kesehatan untuk menekan “Yang terpenting pengunjung maupun pedagang harus patuh. Gunakan masker dan sering mencuci tangan,” pesan Sanem.

Penulis: Rizky Sadewa | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button