LENSA POLITIKNEWS

Apel Kebangsaan dan Deklarasi Damai, Komitmen Jaga Kebhinekaan dan Keutuhan NKRI di Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pelaksanaan kegiatan apel kebangsaan dan deklarasi yang digelar di halaman Kantor Gubernur menjadi komitmen bersama dalam menjaga kebhinekaan serta keutuhan NKRI di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan keberagamaan adat yang menyatu keanekaragaman yang ada saat ini diperoleh dengan tidak mudah dan butuh perjuangan.

“Kesukuan ini melemahkan bangsa kita dan pada saat itu bahwa pemuda kita sadar bersatu untuk maju dan memerdekakan bangsa kita dengan munculnya berbagai organisasi kepemudaan tentunya,” ujar Erzaldi dalam sambutannya pada kegiatan Apel Kebangsaan dan Deklarasi Damai di Kantor Gubernur Bangka Belitung, Jumat, 27 November 2020.

Menurut Erzaldi, banyak yang bisa diambil dari perjuangan tersebut. Apalagi semakin majunya teknologi semakin mudah masyarakat dipecahbelahkan.

“Untuk itulah pertemuan hari ini tentunya terus memantapkan hati kita dan berjuang mempertahankan kesatuan negara ini serta menolak ujaran kebencian, sikap intoleransi, aksi kekerasan dan radikalisme hal ini guna untuk menjaga kebhinekaan dan Kesatuan NKRI,” ujar dia.

Adanya perbedaan, kata Erzaldi, jangan jadikan suatu konflik. Namun sebisa mungkin membangun sikap yang harmonis penuh toleransi. Untuk itu perbedaan harus jaga dan rawat sampai anak cucu kita nanti.

Dalam apel kebangsaan tersebut, Forkopimda Bangka Belitung juga membacakan deklarasi damai sebagai bentuk komitmen untuk menjaga kedamaian dan kondusifitas kamtibmas, Menolak individu dan kelompok yang akan melakukan ujaran kebencian, sikap intoleransi, aksi kekerasan dan radikalisme yang dapat memecah belah umat serta menggangu kedamaian di Bangka Belitung.

Selain itu, seluruh Forkopimda juga menyatakan dukungannya terhadap Pemerintah, TNI dan Polri dalam merawat kebhinekaan serta menjaga keutuhan NKRI serta mendukung penegakan hukum terhadap pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button