BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA KRIMINALNEWS

Akses Jalan Terancam Akibat Tambang di Lahan Koba Tin, Warga Datangi Kantor Bupati

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah– Puluhan warga Desa Kelurahan Padang Mulia, Kecamatan Koba mendatangi Kantor Bupati Bangka Tengah guna memprotes aktivitas tambang timah yang diduga ilegal di kawasan Bekasi Kontra Karya (KK) PT Koba Tin.

Ketua Nelayan Kelurahan Padang Mulia Gunawan mengatakan masyarakat mendesak agar Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dapat bersikap tegas menyelesaikan persoalan tambang tersebut.

“Akses jalan para nelayan hampir putus akibat aktivitas penambangan yang dilakukan penambang di kawasan bekas PT Koba Tin. Kami minta pemerintah daerah bertindak tegas,” ujar Gunawan dalam pertemuan dengan Sekretaris Daerah Bangka Tengah, Kamis, 26 November 2020.

Gunawan menuturkan imbas dari aktivitas pertambangan liar tersebut telah menimbulkan banyak dampak kerugian dan sangat meresahkan warga sekitar.

“Akses jalan yang selalu digunakan nelayan dan masyarakat menuju laut saat ini memprihatinkan. Selain itu yang dikhawatirkan pada musim hujan akan datang banjir,” ujar dia.

Sekda Bangka Tengah Sugianto mengatakan pihaknya berjanji akan menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat terkait penambangan di kawasan eks PT Koba Tin tersebut.

“Pemda akan terjun langsung ke lokasi yang dimaksud oleh para warga. Untuk sementara waktu kita akan memberikan himbauan kepada para penambang liar tersebut,” ujar dia.

Sugianto menambahkan pihak memberi ultimatum bagi para penambang untuk menghentikan aktivitasnya. Jika imbauan pemerintah daerah tidak digubris, dia berjanji akan memberikan tindakan tegas kepada penambang.

Penulis : Hendry | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button