NEWS

Waspadai Kongkalingkong Penerbitan RKAB Smelter Timah

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bangka Belitung juga menunjukkan peran dan kepeduliannya dalam upaya mewujudkan tata kelola pertambangan timah yang baik dengan mengirimkan surat kepada Dinas ESDM Bangka Belitung beberapa waktu lalu yang meminta dinas terkait agar teliti lagi dalam proses penerbitan persetujuan RKAB.

Menanggapi itu, Praktisi Pertambangan Bangka Belitung Teddy Marbinanda mengatakan RKAB berfungsi dan berperan sebagai filter pemerintah daerah dalam penerbitan izin ekspor terhadap produk timah agar tidak menjadi bermasalah di kemudian hari.

“Salah satunya bahwa barang ini benar didapat dari wilayah IUP sendiri atau hasil kerjasama yang menjadi sumber barang ini. Bukannya didapat dari sumber yang haram artinya dari membeli timah hasil tambang rakyat yang merupakan hasil jarahan dari IUP lain. Jika terjadi barang ini tidak bisa dipertanggungjawabkan seperti yang banyak terjadi selama ini,” ujar Teddy dalam siaran persnya yang diterima Lensabangkabelitung.com, Kamis, 22 Oktober 2020.

Mengingat pentingnya RKAB, kata Teddy, perlu diwaspadai juga kemunculan oknum-oknum yang bisa saja membuat RKAB menjadi posisi tawar atau bargaining position.

Halaman:

Previous page 1 2 3 4Next page

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button