BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA POLITIKNEWS

Tertibkan 243 APK, Bawaslu Minta Peserta Pilkada Bangka Tengah Taat Aturan

Lensabangkabelitung.com, Koba– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) peserta pilkada 2020 yang terpasang tidak sesuai aturan.

Penertiban tersebut dilakukan menindaklanjuti Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 0572 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengawasan Tahapan Kampanye Pilkada Tahun 2020.

Kegiatan penertiban APK tersebut dilaksanakan secara serentak Kamis, 1 Oktober 2020 di seluruh kecamatan di Bangka Tengah yang dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan bersama BKO Satpol PP dengan dikawal aparat kepolisian dari Polsek.

Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengkata Bawaslu Bangka Tengah Wahyu Tri Buwono mengatakan pihaknya telah melakukan inventarisasi terlebih dahulu terkait APK pasangan calon yang terpasang.

“Kita juga telah turun ke lapangan untuk melakukan pendataan terhadap alat peraga yang terpasang melanggar dan tidak sesuai aturan karena saat ini sudah memasuki masa kampanye,” ujar Wahyu kepada wartawan, Jumat, 2 Oktober 2020.

Berbekal data tersebut, kata Wahyu, pihaknya melakukan telaah yang dilanjutkan dengan rapat bersama seluruh LO peserta pilkada dan partai politik agar membongkar sendiri APK yang dipasang di daerah terlarang itu.

“Selasa kemarin kita sampaikan bahwa masih banyak yang bertebaran dan kita buatkan berita acara bersama untuk dibuka sendiri dalam waktu 1×24 jam. Aabila masih belum dibuka, maka kita yang melakukan penertiban,” ujar dia.

Wahyu menuturkan dari hasil penertiban terdapat 243 APK yang terdiri macam jenis, seperti spanduk, baliho, reklame, dan umbul-umbul.

“Adapun rincian 243 alat peraga ini, antara lain Kecamatan Koba sebanyak 64 alat peraga, Kecamatan Namang sebanyak 45 alat peraga, Kecamatan Simpangkatis sebanyak 8 alat peraga, Kecamatan Lubuk Besar sebanyak 59 alat peraga, Kecamatan Sungaiselan sebanyak 18 alat peraga, dan Kecamatan Pangkalan Baru sebanyak 49 alat,” ujar dia.

Wahyu menambahkan pihaknya akan secara kontinyu melakukan penertiban terhadap alat peraga kampanye yang dipasang melanggar oleh pasangan calon maupun tim kampanye. Untuk itu, ia pun menghimbau agar peserta dapat tertib tanpa melanggar aturan.  

“Sekarang ini sudah memasuki masa kampanye. Semua APK yang terpasang titiknya harus sesuai yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Bateng. Demikian juga dengan jumlahnya harus sesuai dengan yang telah ditetapkan dan desainnya harus sesuai dengan desain yang telah diserahkan oleh pasangan calon kepada KPU,” ujar dia.

Penulis : Hendry | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button