BANGKANEWS

Rembuk Pecinta Alam KNPI Babel, Hasilkan Pantang Larang Bagi Pendaki Bukit Maras

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kepulauaan Bangka Belitung bersiap untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92. Beberapa rangkaian kegiatan pun telah dilaksanakan, termasuk kegiatan Rembuk Pecinta Alam yang digelar pada Minggu, 18 Oktober 2020 di Taman Nasional Gunung Maras, Kabupaten Bangka.

Dengan melibatkan puluhan komunitas pecinta alam, organisasi kepemudaan lainnya dan ratusan peserta, kegiatan ini menghasilkan beberapa poin tentang Pantang larang bagi pendaki Gunung Maras.

“Di sini berembuk, berdiskusi dan berdialog untuk menetapkan apa-apa saja yang menjadi pantang larangan selama kegiatan mendaki di gunung Maras,” ungkap Ketua KNPI Babel M Irham.

Selain itu, pihaknya juga menyelenggarakan penanaman pohon 100 pohon gaharu di sepanjang jalur pendakian dan bersih-bersih sampah di kawasan yang telah ditetapkan pemerintah menjadi taman nasional sejak 2016, serta pembagi rompi dan alat komunikasi handy talkie kepada relawan Gunung Maras.

“Kita juga akan mendirikan tiang bendera permanen di sini, sehingga ketika ada kegiatan hari besar nasional teman-teman yang mendaki tidak kesusahan lagi mencari tiang untuk mengibarkan Merah Putih. Selain menghindari adanya penebangan pohon,” ungkap dia.

Dalam diskusi itu juga, pihaknya menekankan kepada tiap komunitas dapat mempersiapkan keilmuan anggotanya saat ingin mendaki Gunung Maras. Di samping agar mengikuti pantangan yang diyakini sejak lama oleh masyarakat sekitar.

1 2Next page

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button