LENSA EKONOMINEWS

NU Dirikan Serikat Nelayan, Adil Netta Ketuanya di Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kini punya organisasi otonom baru, yakni Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) yang diketuai oleh seorang pengusaha muda Witjaksono. Penunjukannya sesuai surat PBNU yang diteken oleh Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj, dan Sekretaris Jenderal A Helmy Faishal Zaini.

Dalam surat PBNU Nomor 523/A.II.04.d/06/2020 itu memandatkan untuk membentuk kepengurusan SNNU di tingkat wilayah dan cabang melaksanakan Kongres Serikat Nelayan NU paling lambat enam bulan ke depan dan melaporkan hasilnya kepada PBNU.

Ketua SNNU, Witjaksono, punya latar belakang sebagai pengusaha bidang perikanan dan pertanian. Karena itu, sosoknya dinilai mampu untuk bekerja keras memberikan kontribusi yang maksimal.

Untuk daerah Bangka Belitung, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Bangka Belitung memandatkan Adil Netta sebagai ketua SNNU Bangka Belitung. Penunjukan ini guna mempercepat program Nahdlatul Ulama di bidang kemaritiman, karena wilayah Bangka Belitung sebagai daerah kepulauan yang mempunyai wilayah pesisir yang sangat luas dan bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat di bidang perikanan khususnya.

“Tujuannya adalah pemberdayaan dalam usaha pemanfaatan laut maupun usaha perikanan budidaya yang bermuara pada kesejahteraan nelayan, dan kemaslahatan bangsa Indonesia khususnya masyarakat Bangka Belitung,” ujar Adil Netta, dalam keterangan tertulisnya, Kamis malam, 29 Oktober 2020.

Adil Netta berharap, ke depannya nelayan di Bangka Belitung bisa menikmati hasil tangkapan sesuai yang mereka harapkan dengan adanya kerjasama dengan stakeholder yang mumpuni di bidang perikanan.

Dikatakannya, persoalan nelayan di Babel sangat banyak, sehingga butuh keterlibatan banyak pihak terutama pemerintah daerah dalam memfasilitasi dan melayani para nelayan dengan maksimal.

“Hasil tangkapan mereka sedikit karena mereka masih menerapkan model tangapan tradisional. Ke depan mereka diharapkan bisa memiliki sarana yang memadai sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka mengeksplorasi dan mengeksploitasi hasil laut,” Jelas Adil Netta

Sementara ini program awal yang akan dilakukan SNNU adalah membentuk pimpinan cabang di setiap daerah guna memperluas jangkauan dan sebagai motor penggerak nelayan di setiap daerah guna membantu nelayan dari aspek teknologi serta wadah nelayan untuk bisa bersaing guna mensejahterakan nelayan sampai ke pelosok Bangka Belitung.

“Dalam waktu dekat kita akan melakukan pembentukan cabang tujuh kabupaten/kota di wilayah Bangka Belitung guna memperkuat dan membantu kesulitan masyarakat yang bekerja sebagai nelayan,” pungkasnya.

Release | Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button