BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA POLITIKNEWS

Konferkab I PWI Bangka Selatan, Wartawan Dilarang Memihak Paslon di Pilkada

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Persatuan Wartawan Imdonesia (PWI) Kabupaten Bangka Selatan menggelar Konferensi Kabupaten I PWI, Selasa 27 Oktober 2020 bertempat di Wendy Cafe n Frend. Kegiatan tersebut digelar sebagai cikal bakal pembentukan pengurus PWI di tingkat Kabupaten Bangka Selatan sekaligus pemilihan ketua.

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh ketua PWI Bangka Belitung, M Faturrahman, Dewan Kehormatan PWI Bangka Belitung Hidayat Arsani dan pengurus PWI Babel lainnya serta tamu undangan dibuka langsung oleh Bupati Bangka Selatan Justiar Noer.

Ketua PWI Bangka Belitung M Faturrahman mengatakan saat ini sudah ada empat kabupaten yang telah melaksanakan konferensi kabupaten I untuk melakukan pemilihan ketua sekaligus menbentuk kepengurusan PWI di tingkat Kabupaten.

“Bangka Selatan ini menjadi yang keempat yang melakukan konferkab. Sebelumnya sudah lebih dulu melakukan konferkab yaitu kabupaten Bangka Barat, Bangka Tengah, Belitung dan hari ini Kabupaten Bangka Selatan,” ujar Ketua PWI Babel dalam sambutannya.

Ia menuturkan, saat ini sudah ada 130 wartawan yang tergabung di PWI Bangka Belitung dan sudah memiliki sertifikasi kompetensi dari Dewan Pers yang bekerja secara profesional dalam memberikan informasi kepada masyarakat secara baik.

“Kompetensi ini sangat penting untuk melindungi narasumber agar mereka tahu bahwa mereka benar-benar berhadapan dengan wartawan yang berkompeten dan profesional dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui pemberitaan,” ujar dia.

Lebih lanjut, ia mengingatkan kepada pengurus PWI yang terbentuk untuk tetap menjaga netralitas dan tidak memihak kepada pasangan calon manapun dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan tahun 2020 yang saat ini sedang berlangsung.

“Di Bangka Selatan ini ada pilkada untuk itu kita ingatkan kepada kawan-kawan yang tergabung di PWI untuk tidak memihak kepada pasangan calon manapun, tetap jaga netralitas, berikan porsi yang sama dalam pemberitaan,” ujar dia.

Sementara itu, Dewan Kehormatan PWI Provinsi Bangka Belitung, Hidayat Arsani mengatakan, pada masa Pilkada saat ini khususnya di Bangka Selatan wartawan yang tergabung di PWI tidak ada yang masuk angin sehingga menyebabkan pemberitaan menjadi tidak berimbang.

“Yang tergabung di PWI ini adalah orang-orang yang harus memiliki pikiran yang waras, yang artinya bekerja secara profesional,” ujar dia.

Ia menuturkan, kehadiran PWI di Kabupaten Bangka Selatan memiliki peran yang sangat besar dalam hal pembangunan daerah, baik di sektor ekonomi maupun sektor lainnya.

“Wartawan itu aset negara, aset provinsi, aset kabupaten, karena sebagus apapun kinerja dari pemerintah tanpa adanya wartawan maka tidak akan diketahui oleh masyarakat. Untuk itu peran dari wartawan ini cukup besar dalam pembangunan di daerah,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button