LENSA EKONOMINEWS

Dugaan Ada Ekspor Timah Tanpa Aktivitas Tambang, AETI: Itu Pelanggaran Berat

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Asosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI) turut angkat bicara soal dugaan adanya perusahaan peleburan timah (smelter) di Bangka Belitung yang melakukan ekspor tidak mempunyai aktivitas pertambangan dan kondisi internal perusahaan dalam keadaan sepi.

Sekretaris AETI Jabin Sufianto mengatakan ekspor timah tanpa melakukan aktivitas pertambangan sesuai dengan izin yang telah dikeluarkan adalah pelanggaran karena semua ketentuan sudah diatur.

“Kalau memang bisa ekspor tanpa adanya aktivitas di areal tambang, ini adalah pelanggaran berat dan sangat tidak sesuai dengan regulasi yang ada. Bahkan ini akan mencemar nama baik Indonesia apabila mereka tidak bisa bertanggung jawab atas asal usul bijih timahnya,” ujar Jabin kepada wartawan, Rabu, 28 Oktober 2020.

Jabin menuturkan pihaknya mendukung ekspor yang selaras dengan target pemerintah untuk percepatan pembangunan dan ekonomi yang sempat anjlok akibat pandemi Covid-19.

“Saya sangat mendukung ekspor. Akan tetapi semua wajib patuh dengan regulasi yang ada. Dan yang tidak dikehendaki adalah peluang untuk adanya kebocoran timah ke luar dari aktivitas illegal mining,” ujar dia.

Halaman:

1 2Next page

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button