BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA POLITIKNEWS

Bawaslu Maksimalkan Peran Forum Warga Awasi Pilkada Bangka Tengah

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bersama Panwaslu Kecamatan kembali menyambangi warga melalui kegiatan Forum Warga. Kali ini kegiatan tersebut digelar di tiga titik berbeda, yaitu Desa Katis Kecamatan Simpangkatis, Dusun Pangkalraya Kecamatan Sungaiselan dan Desa Nibung Kecamatan Koba.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi tahapan pelaksanaan pilkada, terutama pada masa kampanye yang sedang berlangsung saat ini.

“Melalui kegiatan forum warga kita ingin mengajak masyarakat berperan dalam mengawasi setiap tahapan pelaksanaan pilkada agar tidak melakukan pelanggaran karena diawasi bersama,” ujar Robi kepada wartawan.

Robi menuturkan kegiatan forum warga tersebut dilaksanakan di enam kecamatan dimana setiap kecamatan akan mengelar kegiatan forum warga sebanyak tiga di tiga desa yang berbeda di masing-masing kecamatan.  

“Kali ini kegiatan tersebut digelar di Dusun Pangkalraya Kelurahan Sungaiselan Kecamatan Sungaiselan dan di Desa Nibung Kecamatan Koba. Sebelumnya pada Kamis 22 Oktober 2020 lalu kami juga melaksanakannya di Desa Katis Kecamatan Simpangkatis,” ujar dia.

Robi menuturkan pihaknya juga memberikan mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi money politic dan menghimbau masyarakat yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), jika sudah memenuhi syarat sebagai pemilih untuk tetap dapat menggunakan hak pilihnya nanti dengan membawa E-KTP di TPS yang sesuai dengan identitas diri

“Kami juga meminta masyarakat untuk melaporkan kepada Bawaslu atau jajaran kami jika menemukan adanya dugaan pelanggaran,” ujar dia.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Muhamad Utoyo mengatakan pelaksanaan kegiatan tersebut selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Hal ini juga dengan maksud untuk memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya menerapkan hal tersebut di setiap tahapan pilkada yang diikuti.  

“Dalam sosialisasi ini juga disampaikan kepada masyarakat agar jangan mudah terpancing dengan berita-berita hoax. Apalagi saat ini sudah memasuki tahapan kampanye dan kami juga menghimbau agar tidak merusak Alat Peraga kampanye (APK), karena hal ini memiliki sanksi pidananya,” ujar dia.

Anggota Bawaslu Bangka Belitung Andi Budi Yulianto menambahkan  pihaknya mendukung penuh kegiatan forum warga dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa saja yang tidak boleh mereka lakukan dan bagaimana prosedur jika masyarakat ingin melaporkan suatu dugaan pelanggaran.  

“Kami sangat berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini masyarakat yang hadir dapat menyampaikan kepada tetangga atau sanak saudara mereka untuk tidak melakukan dugaan pelanggaran dan melaporkan dugaan pelanggaran yang mungkin saja mereka temui nantinya kepada Bawaslu,” harapnya.

Penulis : Hendry | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button