LENSA EKONOMINEWS

AETI: Asal Usul Timah Stok 2018 yang Diekspor Tidak Dapat Dipertanggungjawabkan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Asosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI) ikut menyoroti adanya ekspor timah stok 2018 oleh beberapa smelter di Bangka Belitung yang dilakukan tanpa verifikasi dari Competent Person Indonesia (CPI).

Sekretaris AETI Jabin Sufianto mengatakan pihaknya telah memberikan perhatian khusus terkait dengan ekspor timah stok 2018 yang diproses tanpa ada verifikasi CPI.

“Kita lebih perhatian terhadap RKAB istimewa yang membolehkan perusahaan mengekspor barang yang mana pada 2018 lalu sudah pernah dinyatakan bahwa timah itu asal usul bijih tidak bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Jabin kepada Lensabangkabelitung.com, Rabu, 28 Oktober 2020.

Jabin menuturkan AETI sudah bersurat dan beraudiensi kepada Kementrian ESDM dan pihaknya sudah diberi infomasi bahwa Dirjen ESDM telah membuat surat himbauan kepada instansi terkait untuk menerbitkan RKAB sesuai dengan aturan dan regulasi yang terbit.

“Kalau perusahaan mendapati RKAB tanpa ada verifikasi dari CPI, ini benar-benar tidak sesuai dengan aturan yang ada. Bahkan harus jelas sekali CPI yang bisa verifikasi cadangan yang di RKAB adalah CPI yang sudah memiliki gelar CPI Estimasi Cadangan, bukan hanya CPI Pelaporan Hasil Eksplorasi,” ujar dia.

Halaman:

1 2Next page

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button