BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA POLITIKNEWS

Ada Peserta Pilkada Basel Kumpulkan KK dan KTP Warga, Bawaslu Lakukan Investigasi

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan akan melakukan investigasi terkait dengan temuan di lapangan terkait indikasi pengumpukan KTP dan Kartu Keluarga (KK) masyarakat untuk kepentingan Pilkada Bangka Selatan 2020.

Ketua Bawaslu Bangka Selatan Sahirin mengatakan hingga saat ini pihaknya memang belum menerima laporan pelanggaran Pilkada. Namun yang ditemukan di lapangan adanya indikasi dan gerak gerik untuk melakukan pengumpulan KTP dan KK.

“Sudah kita sampaikan kepada jajaran di Panwaslu Kecamatan untuk melakukan investigasi terkait indikasi pengumpulan KTP dan KK. Perlu dicek apakah ini program pemerintah atau program dari salah satu pasangan calon,” ujar Sahirin kepada wartawan, Selasa, 13 Oktober 2020.

Sahirin menuturkan dalam satu minggu kedepan panwaslu kecamatan akan diturunkan untuk melakukan investigas dan menjadi informasi apakah di desa sudah terjadi pengumpulan KTP dan KK.

“Pengumpulan KTP untuk calon independen sudah ditetapkan, kalau untuk bantuan BLT perangkat desa yang mengumpulkan, untuk itu terkait hal ini akan kita lakukan investigasi. kalau memang ditemukan ada di desa, nanti akan kita lakukan investigasi sampai keatas,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, pihaknya saat ini belum bisa menyebutkan apakah sudah masuk dalam pelanggaran Pilkada, karena saat ini baru akan dilakukan invetigasi. Ia menyebutkan ada beberapa desa dari dua Kecamatan yang sudah di indikasi mulai ada upaya-upaya pengumpulan foto copy KTP dan kk.

“Jika hasil investigas terjadi pelanggaran, atau ada unsur menjanjikan dan ada berbentuk materi serta memenuhi unsur akan kita lanjutkan ke Sentra Gakkumdu. Namun kalau memang dia tidak memanuhi unsur kita akan himbau untuk tidak menggunakan cara-cara yang merusak demokrasi pada Pilkada Bangka Selatan,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button