BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA POLITIKNEWS

Terpasang di Zona Terlarang, APK Riza-Debby Paling Banyak Dibongkar Bawaslu Basel

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon peserta Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan tahun 2020, Selasa sore, 29 September 2020.

APK yang tertibkan tersebut berada di zona steril bebas dari APK yaitu dari mulai kantor Kecamatan Toboali sampai dengan simpang lima Toboali. Pantauan wartawan di lapangan, APK yang paling banyak ditertibkan yaitu pasangan calon Riza Herdavid-Debby Jamro.

Ketua Bawaslu Bangka Selatan Sahirin mengatakan penertiban APK dilakukan sesuai dengan kesepakatan Bawaslu bersama dengan Kesbangpol, KPU dan juga LO pasangan calon bahwa tidak boleh ada APK di zona steril yang sudah ditentukan yaitu di sepanjang jalan Sudirman.

“Hari ini kita bersama KPU, Polres, Satpol PP, Kesbangpol, unsur TNI dan dibantu Dinas Perhubungan melakukan penertiban alat peraga kampanye. Sebelumnya secara lembaga kita sudah menghimbau secara lisan maupun tulisan kepada pasangan calon yang sudah ditetapkan untuk menurunkan APK di zona terlarang,” ujar Sahirin kepada wartawan, Selasa, 29 September 2020.

Sahirin menyebutkan untuk APK yang paling banyak ditertibkan berupa spanduk. Sedangkan untuk Baliho ada dua titik yang mungkin itu berbayar. Dan yang paling banyak tadi ada salah satu paslon.

“Untuk spanduk yang di sekber atau posko pemenangan sudah menjadi kesepakatan kita bersama dengan pasangan calon dan KPU kita memberi keluasan. Dan untuk sekber sendiri di kabupaten itu dua sekber dan di setiap desa kita kasih leluasa kita kasih satu sekber,” ujar dia.

Sahirin menambahkan pihaknya memberikan keluasaan bagi pasangan calon terkait zona APK di desa, kecuali ditempat-tempat yang dilarang dipasang APK seperti fasiltas umum yang jaraknya 50 meter dari tempat yang dilarang, fasilitas pendidikan dan juga tempat ibadah.

“Semalam kita juga sudah melakukan rapat bersama dengan LO pasangan calon dan KPU, kita kasih seluas-luasnya pemasangan alat peraga kampanye ini, yang penting jangan melebihi jumlah yang sudah ditetapkan oleh KPU Bangka Selatan,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button