LENSA EKONOMILENSA NASIONALNEWSPANGKALPINANG

Pemprov Babel Ingin Pengelolaan Kawasan Hutan Beri Nilai Tambah PAD

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang– Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berharap kepada kepala kesatuan pengelolaan hutan agar mengelola potensi hutan yang ada dengan baik sehingga memberikan nilai tambah masyarakat setempat sekaligus peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu ditegaskan oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman dalam rapat koordinasi pengelolaan wisata dalam kawasan hutan berlangsung di Ruang Rapat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (18/9/20).

Menurut Gubernur Erzaldi Rosman, selama ini pengelolaan hutan wisata oleh masyarakat belum dikelola dengan baik, sehingga hasilnya tidak sesuai yang diinginkan. 

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh kepala KPH di Babel segera melakukan penataan yang tepat. Supaya masyarakat yang mengelola, mendapatkan hasil dari kawasan hutan tersebut. 

“Kalau mereka bisa mengelola ini dengan baik, tentunya ada penguatan ekonomi dari kawasan hutan ini,” ungkapnya. 

Gubernur Erzaldi Rosman mengaku bahwa, saat ini banyak masyarakat yang ingin mengelola kawasan hutan untuk dijadikan kawasan wisata maupun pertanian. Pemprov harus terus mendukung supaya dapat menggerakkan perekonomian di daerah setempat. 

“Saya ambil contoh, misalnya kawasan hutan mangrove di Kurau Barat, Bukit Paradong di Belitung, Juru Seberang, Bukit Pinteir di Kampung Dul, Air Bedelew di Belinyu, serta beberapa tempat lainnya di setiap kabupaten kota di Babel,” ujarnya. 

Gubernur Erzaldi menjelaskan, terkadang masyarakat dan pihak swasta belum mengelolanya secara baik, diharapkan hal seperti itu tidak terjadi lagi. Harapannya dalam membuat kebijakan atau perencanaan dirancang lebih efektif dan akurat perhitungannya. 

“Dari pengelolahan ini ada bagi hasil, baik dari pengelola hutan maupun kepada KPH, sehingga secara otomatis PAD kita bisa bertambah,” pungkasnya.

Rapat ini dipimpin langsung oleh Gubernur Erzaldi, diikuti oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Marwan; Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ferry Afriyanto; dan seluruh kepala KPH se-Babel. 

Release

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button