BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA POLITIKNEWS

KPU Bangka Selatan Sosialisasikan Tata Cara Kampanye Sesuai Protokol Kesehatan

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan mensosialisasikan Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2020 kepada stake holder perwakilan partai politik dan LO masing-masing pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan pada Pilkada 2020, Jumat 18 September 2020.

Ketua KPU Bangka Selatan Amri mengatakan sosialisasi PKPU nomor 6 tahun 2020 dilakukan terkait dengan kegiatan para bakal calon agar sesuai dengan aturan yang ada dan telah ditentukan, salah satunya mengenai pengumpulan massa atau kampanye.

“Para pasangan bakal calon yang melakukan kampanye di dalam ruangan maksimal 50 orang sesuai dengan ruangan, dan harus berjarak minimal 1 meter serta harus memakai masker, dan menyediakan tempat cuci tangan,” ujar Amri kepada wartawan, Jumat, 18 September 2020.

Amri menuturkan untuk kampanye ditempat terbuka atau di lapangan maksimal dihadiri 100 orang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Hal ini untuk menghindari kerumunan massa yang terlalu banyak.

“Kalau diaturan PKPU 10 yang menentukan pasangan calon boleh melakukan kegiatan seperti ulang tahun partai politik, perlombaan, kegiatan sosial berupa bazar, rapat umum kegiatan budaya, pentas seni hiburan atau kutip konser musik, tapi semuanya tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar dia. 

Amri menambahkan akan ada sanksi jika ada paslon yang melanggar aturan mengenai pengumpulan massa saat kampanye. Namun hal tersebut masih menunggu dari KPU pusat karena ada perubahan dari PKPU 7 tahun 2017.

“Saat ini sanksi secara PKPU belum ada menyebutkan sanksi yang membatalkan calon atau hal-hal yang lain. Yang dilarang itu kampanye melibatkan bayi, anak-anak, ibu hamil dan orang-orang yang sudah lanjut usia. Larangan ini biasanya ada sanksi tapi kita belum menetukan karena masih menunggu dari pusat,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button