LENSA NASIONALLENSA TINSNEWS

Januari, 8 Finalis Tinskubator PT Timah Siap Launching

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – PT. Timah, Tbk akan menginkubasi delapan finalis tinskubator yang berhasil dijaring dalam Tinskubator Idea Challange 2020. Delapan Ide cemerlang dari putra putri Bangka Belitung (Babel) ini diperkirakan akan dilaunching pada Januari 2021 mendatang.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengungkapkan challenge ini merupakan bagian dari komitmen PT Timah untuk mendukung kemunculan startup baru di Babel, dengan harapan nantinya dapat memberikan dampak sosial ekonomi baik dari produk maupun inovasi yang dilakukan para peserta.

Delapan tinskubator yang akan disupport adalah fishbox.id, Karang Hias, Tumpah.id, Babel Marketer, Ecoplanstic, Ayo Speakup, Penyedia Layanan Desain dan Pembuatan Master Produk, dan Babelanja.com.

“Kita berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat khususnya di areal operasional perusahaan, salah satunya melalui Tinskubator ini. Kita berharap nanti dengan kemunculan startup baru ini dapat memacu semangat yang lainnya untuk juga berinovasi,” ujarnya.

Project Leader Tinskubator, Akbar Riandi menyebutkan, mulai September ini pihaknya sudah menginkubasi delapan tinskubator yang lolos, tiga adalah jawara pilihan juri, dan lima lainnya diberikan kesempatan untuk dimentori oleh tim tinskubator.

Akbar menjelaskan, dalam membina delapan tinskubator ini, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, mulai dari ignition, workshop, networking, bootcamp, hackathon, dan Incubation.

“Tahap pertama ini kita lebur dulu apa yang menjadi ide dari peserta, dibedah secara detail, istilahnya mereka mengenali jati dirinya terlebih dahulu, setelah itu baru masuk ke tahapan workshop,” ujarnya, Kamis (3/9/2020).

Dalam tahap workshop ini, ide brilian dari peserta kemudian akan diasah dengan dibagi beberapa kelompok sesuai dengan jenis ide dan produk. Kemudian dilanjutkan ke tahap networking.

Pada tahap booth camp, produk-produk dari peserta kemudian dilakukan sampling dan pemantapan hingga siap running.

Challenge ini, kata Akbar sangat baik, untuk memotivasi dan merubah ide-ide dari peserta dari yang tadinya biasa, menjadi luar biasa, dan melahirkan start-up berkualitas dibawah binaan PT. Timah.

“Dari 3 pemenang kemarin, ada yang sudah punya produk, social impact, tinggal kita poles dalam Tinskubator ini, harapannya agar hasilnya lebih berkualitas lagi,” tukasnya.

Ia melihat, dari delapan tinskubator yang dibina, terdapat keunikan tersendiri, dimana para peserta yang terpilih ini memiliki kluster tersendiri dalam produknya.

Dalam Tinskubator ini, delapan Tinskubator akan dibekali tentang marketing, edukasi, serta hal lain seputar peningkatan kualitas dan produk.

“PT. Timah mempercayai kami menjadi fasilitator untuk membina dan mementori para peserta agar lahir start-up baru yang berkualitas,” ulasnya.

Release | Editor : Nico Alp

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button