LENSA POLITIKNEWS

Belasan TI Rajuk di Jelitik Dirazia

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Karena tidak mengantongi izin untuk melakukan eksploitasi penambangan, Rabu, 16 September 2020, belasan TI rajuk yang beroperasi di Jelitik tepatnya depan kantor PPN Sungailiat dirazia petugas.

Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan melalui Kabag Ops AKP Teguh menjelaskan penertiban tersebut dilakukan karena penambangan yang terjadi di Jelitik itu tidak mengantongi izin penambangan dari pihak terkait.

“Karena tak mengantongi ijin, oleh sebab itu kita lakukan penertiban,” ujarnya.

Namun sayangnya ketika petugas tiba di lokasi, tidak ditemukan adanya bentuk kegiatan penambangan di sekitar lokasi yang dimaksud.

“Saat petugas tiba dilokasi, 11 TI Rajuk yang sebelumnya melakukan aktifitas penambangan dalam keadaan tidak beroperasi dan petugas pun melakukan penyitaan terhadap peralatan untuk menambang berupa 7 buah karpet, 1 gulung selang monitor, 4 potong pipa ulir, 1 batang pipa 4 inch,” ungkapnya.

Kabag Ops pun mengimbau para penambang untuk koperatif dan membongkar sendiri peralatan untuk menambang yang masih berada dilokasi.

Jika imbauan tersebut tidak digubris, maka pihak kepolisian akan mengambil langkah tegas kepada penambang yang membandel.

“Intinya kami tidak melarang aktivitas masyarakat mencari nafkah selama kegiatan itu tidak melanggar ketentuan hukum,” jelasnya.

Sementara itu untuk barang bukti yang diamankan dari sekitar lokasi dititipkan di Mapolsek Sungailiat.

Penulis: Vera | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button