LENSA EKONOMINEWS

Bantu UMKM, Global Wakaf ACT Babel Aktivasi Program Wakaf Modal Usaha Mikro

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Melihat problematika ekonomi masyarakat kecil semakin tercekik dengan persoalan modal, Global Wakaf – ACT berikhtiar untuk terus membantu. Bertujuan untuk mengeluarkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari jerat hutang riba dan kesulitan modal yang tidak berkesudahan, Global Wakaf meluncurkan program Wakaf Modal Usaha Mikro pada Jumat, 25 September 2020.

Pada peluncurannya, program ini menggandeng Masjid Al-Iman Kelurahan Air Itam sebagai mitra dengan harapan masjid ini dapat kembali menghidupkan fungsinya yang tidak hanya sebagai tempat ibadah semata, namun sebagai pusat pelayanan dan menjadi sentral kebangkitan ekonomi umat ke depannya.

Penerima manfaat pada angkatan pertama ini sebanyak 10 orang. Semuanya merupakan masyarakat yang tinggal dan membuka usaha di sekitar Masjid Al-Iman. Selain mendapatkan modal untuk usaha, para penerima manfaat juga mendapatkan pembinaan dan bimbingan spiritual.
PIC Program ACT Bangka Belitung, Bobby Bagaskara, berharap program ini bisa semakin luas dan banyak yang menerima wakaf modal usaha.

“Ini merupakan komitmen kami di Global Wakaf ACT untuk terus membersamai umat dan membangkitkan ekonomi mereka melalui program Wakaf Modal Usaha Mikro. Target penerima manfaat dari program ini sendiri akan terus bertambah dan akan dikontrol prosesnya, sehingga bisa dievaluasi selanjutnya,” ucap Bobby pada sambutannya.

Wakaf Modal usaha Mikro merupakan penyaluran modal usaha kepada para masyarakat tanpa ada bunga tambahan dan skema bagi hasil yang memberatkan penerima manfaat. Sehingga modal usaha yang diberikan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengelola ekonomi, terlebih di tengah pandemi.

Prinsip dasar yang diterapkan pada program WMUM adalah Qardh al-Hasan, yang berarti setiap penerima manfaat yang dapat mengembalikan modal ketika sudah dianggap mampu tanpa ada bunga tambahan. “Dengan sistem ini, kita berharap semakin banyak pengusaha kecil yang mampu berdiri terutama di masa-masa sulit ini. Oleh karenanya, kami mengajak para wakif untuk memberikan wakaf terbaiknya melalui BNI Syariah 66 0000 1146 atas nama Yayasan Global Wakaf,” ajak Bobby.

Release

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button