LENSA POLITIKNEWS

Awasi Tahap Pendaftaran, Bawaslu Basel: Sudah Sesuai SOP dan Protokol Kesehatan

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan melakukan pengawasan tahapan pendaftaran pasangan bakal calon peserta Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan di kantor KPU.

Koordinator Divisi Pengawasan, Pencegahan, Humas dan Hubal Bawaslu Bangka Selatan, Azhari mengatakan, tahapan pendaftaran pasangan bakal calon di kantor KPU Bangka Selatan sudah sesuai dengan SOP dan protokol kesehatan.

“Selama tiga hari ini, Allhamdulillah pasangan bakal calon yang mendaftar, Bawaslu menilai mereka sudah siap dan serius yang artinya syarat pencalonan dan syarat calon sudah terpenuhi. Meskipun ada syarat calon yang masih kurang, nanti bisa dilengkapi dimasa perbaikan,” ujar Azhari kepada wartawan, Minggu 6 September 2020.

Ia menuturkan, proses tahapan pendaftaran pasangan bakal calon berlangsung dengan lancar, karena pihaknya intens melakukan koordinasi dengan KPU mengenai hal sifatnya teknis dan strategis guna mencegah terjadinya kesalahan.

“Kita sudah cegah terlebih dahulu dimana potensi keselahan, potensi kerawanan langsung kita sampaikan ditempat, itu yang mebuat proses ini berjalan lancar,” ujar dia.

Ia menghimbau kepada KPU untuk tetap menjaga prinsip dengan mengedepankan profesionalitas dalam penyelenggaran Pilkada Basel. Jangan smapai nanti ada perlakuaan yang berbeda kepada masing-masing calon yang dapat mengganggu kondusifitas di masyarakat.

“Karena ini juga masalah faktor keamanan, kondusifitas, jangan sampai nanti ada yang merasa pelayanan yang tidak sama, sehingga yang lain berbuat sesuatu yang tidak kita inginkan. Kalau itu terjadi, kami Bawaslu akan intens koordinasi dengan pihak terkait pemangku kepentingan seperti tokoh agama, LO untuk bersama-sama menjaga kondusifiatas pada pilkada ini agar tetap berjalan aman, lancar dan damai,” ujarnya.

Penulis : Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button