NEWS

Ada Info Kejahatan Jalanan! Laporkan Saja Melalui Aplikasi Zero3C Ditreskrimum Polda Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Masyarakat yang mengetahui adanya peristiwa atau informasi terkait kejahatan jalanan yang terjadi di Bangka Belitung tidak usah bingung lagi untuk melapor ke polisi. Cukup dengan menginformasikannya melalui aplikasi Zero3C milik Direktorat Reserse Kriminal Umum Ditreskrimum Polda Bangka Belitung.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Bangka Belitung AKBP Wahyudi mengatakan aplikasi Zero3C diperuntukkan bagi masyarakat yang mengetahui adanya kejahatan jalanan untuk berpartisipasi memberi informasi kepada polisi.

“Aplikasi ini sudah bisa diunduh masyarakat di Play Store. Dengan adanya informasi-informasi yang diberikan masyarakat, setidaknya bisa membantu kami menjadikan Bangka Belitung ini akan,” ujar Wahyudi kepada Lensabangkabelitung, Rabu, 23 September 2020.

Menurut Wahyudi, sistem kerja aplikasi Zero3C cukup mudah. Setelah diunduh, masyarakat yang mempunyai informasi tinggal mengklik informasi/laporan kemudian mencantumkan nama, nomor handphone dan informasi yang akan disampaikan lalu kirim.

“Ini untuk penyampaian informasi awal saja. Bukan laporan polisi jika ada masyarakat jadi korban. Untuk membuat laporan polisi tetap harus datang ke kantor polisi untuk diterbitkan laporannya dan diverbal,” ujar dia.

Wahyudi menambahkan banyak informasi kejahatan jalanan yang bisa dilaporkan masyarakat, seperti kasus begal, rampok, curat, curas, curanmor dan lain sebagainya.

“Mungkin selama ini masyarakat enggan memberikan informasi kepada kami karena bingung mau menyampaikan kemana. Atau karena persoalan jarak dan waktu. Dengan aplikasi ini masyarakat bisa berperan aktif sama-sama menjaga dan menciptakan kondisi yang aman dan kondusif di Bangka Belitung,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button