BELITUNGNEWS

Tanpa Follow Up Swab, Pasien Positif Covid-19 di Belitung Boleh Pulang, Asal….

Lensabangkabelitung.com, Belitung – MH, 69 tahun, pasien postif Covid-19 dipastikan sembuh oleh Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Belitung. Pria yang berpofesi sebagai kapten kapal tongkang ini sudah dibolehkan pulang dari isolasi Sanggar Kesenian Budaya (SKB) tanpa harus menjalani swab test lanjutan.

Bupati Belitung, Sahani Saleh menjelaskan dipulangkannya pasien dengan nomor 1285 ini berdasarkan dengan aturan terbaru dari Kementerian Kesehatan RI, Nomor HK01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Disease 2019.

“Bahwa Pasien 1285 sendiri sudah menyelesaikan isolasi di pusat karantina lebih dari sepuluh hari,” kata Sahani, Rabu, 5 Agustus 2020.

Dalam masa perawatan, jelas Sahani, kapten yang menahkodai kapal tongkang Prawira yang membawa alat-alat untuk pembangunan pelabuhan Tanjung Nyato ini tidak ditemukan tanda-tanda gejala Covid-19 pada diri pasien.

“Yang bersangkutan termasuk golongan pasien asimptomatik. Jadi prosedurnya bisa dipastikan sembuh,” ujarnya.

Diketahui pasien 1285 pertama kali dinyatakan positif pada tanggal tanggal 25 Juli 2020 berdasarkan hasil pemeriksaan Swab di Laboratorium Kesehatan Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pasien 1285 merupakan pasien golongan Asimptomatik pertama yang dinyatakan sembuh dari Covid-19.

“Sampai hari ini pada Pusat Karantina SKB Belitung masih terdapat empat orang Pasien Positif yang menjalani perawatan. Semuanya tidak mempunyai gejala Covid-19 atau asimptomatik,” pungkas Bupati Belitung

Penulis: Rizky Sadewa | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button