NEWS

Potensi Lahan Pertanian di Bangka Selatan Lebih dari 35 Ribu Hektar

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Potensi lahan pertanian di Kabupaten Bangka Selatan sebesar lebih dari 35.000 hektar. Terdiri dari sebaran lahan existing sebesar 15.869 hektar dan lahan pertanian cadangan pangan berkelanjutan sebesar 19.130 hektar.

Hal itu dikatakan Bupati Bangka Selatan Justiar Noer dalam sambutannya saat memberikan sambutan panen raya Padi di Desa Rias Kecamatan Toboali, yang dihadiri oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Jumat 7 Agustus 2020.

“Potensi pengembangan lahan pertanian di Bangka Selatan begitu besar yaitu lebih dari 35.000 hektar. Dengan potensi tersebut, tentu hal ini sejalan dengan program yang digagas oleh bapak presiden yaitu food estate. Insya Allah Bangka Selatan siap menjadi bagian integral pengembangan food estate di Indonesia,” kata Justiar di hadapan Menteri Pertanian.

Ia mengatakan, Kabupaten Bangka Selatan menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi Kepualauan Bangka Belitung yang masuk dalam pengembangan komoditas prioritas padi nasional.

Hal ini berdasarkan keputusan menteri pertanian nomor 472 tahun 2018 tentang lokasi kawasan pertanian nasional, Bangka Selatan merupakan kawasan pertanian nasional prioritas untuk komoditas padi dan lada.

“Dari segi produksi padi, Bangka Selatan pada semester 1 tahun 2020 telah memproduksi padi sebesar 18.074 ton. Harapan kami diakhir tahun akan tembus di angka 30.000 ton sehingga Bangka Selatan dapat mencapai swasembada beras,” ujarnya.

Ia mengatakan, ditengah pandemi Covid-19, pada triwulan II tahun 2020 secara nasional, PDB sektor pertanian masih dapat tumbuh 16,24 persen, dimana 9,23 persennya disumbangkan oleh pertumbuhan PDB Sub Sektor tanaman pangan. Tentu ini menjadi acuan darrah guna memperkuat kebijakan sektor pertanian.

“Harapan kami kedepan walau ditengah pandemi ini pertumbuhan PDRB sektor pertanian di bangka Selatan tetap tumbuh positif dan nilai tukar petani di Bangka Selatan dapat di atas 110 poin,” katanya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button