LENSA POLITIKNEWS

Pilkada Bateng Berpotensi Head to Head, Satgas Nusantara Waspadai Masyarakat Terpolarisasi

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kabupaten Bangka Tengah menjadi salah satu dari empat daerah di Bangka Belitung yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Pesta politik di daerah ini menjadi perhatian karena perpeluang hanya dua calon yang saling berhadapan atau Head to Head.

Ketua Satuan Tugas Daerah (Satgasda) Nusantara Bangka Belitung Brigadir Jenderal Umar Dani mengatakan pelaksanaan Pilkada di Bangka Tengah meski belum dipastikan tapi peluang besar hanya ada dua calon, yakni incumbent dan non incunbent.

“Bangka Tengah diprediksi berpeluang besar head to head di mana ada dua pasangan calon dan mungkin juga bisa bertambah. Potensi kerawanan dua calon ini pasti berbeda karena satu lawan satu atau saling berhadapan,” ujar Umar Dani kepada Lensabangkabelitung.com, Kamis, 30 Juli 2020 lalu.

Menurut Umar Dani, kerawanan nyata dalam pilkada dengan dua pasangan calon adalah membuat masyarakat menjadi terpolarisasi atau terpecah menjadi dua kelompok besar yang saling berhadapan.

“Apalagi satu incumbent satu bukan. Tapi yang jelas masyarakat akan terpolarisasi hanya dua kelompok. Ini yang berat. Tentunya eskalasinya akan berubah. Tapi harapan kita karena ini masih dinamis dan bisa juga bertambah (pasangan calon),” ujar dia.

Umar Dani menambahkan dalam mengantisipasi gejolak, pihaknya sudah melaksanakan beberapa bidang manajemen satgas nusantara dalam mewujudkan pelaksanaan Pilkada yang aman, diantaranya bidang sosial, bidang kemitraan, bidang media dan bidang Penegakan Hukum (Gakkum).

“Bidang sosial dilakukan oleh intelijen kita yang tugasnya melakukan lidik dan penggalangan terhadap tokoh-tokoh. Untuk kemitraan dibidangi oleh Binmas yang salah satu tugasnya adalah pembinaan tempat ibadah. Kalau media dibidangi oleh Humas yang tugasnya melakukan patroli cyber. Bidang Gakkum dilakukan oleh Reskrim Khusus dan tugasnya adalah melakukan lidik sidik terhadap laporan masuk di kepolisian,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close