BANGKA BARATLENSA POLITIKNEWS

Pilkada Bangka Barat Ada Calon dari Etnis Minoritas, Tensi Politik Dinetralisir

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Satuan Tugas Daerah (Satgasda) Nusantara Bangka Belitung sudah mulai melakukan upaya menurunkan tensi politik di Kabupaten Bangka Barat yang menjadi salah satu dari empat daerah di Bangka Belitung yang menggelar pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Terkait adanya calon yang berasal dari etnis minoritas di Bangka Barat, Ketua Satgasda Nusantara Bangka Belitung Brigadir Jenderal Umar Dani mengatakan pihaknya sudah berupaya menetralisir untuk menurunkan tensi politik dan melakukan cooling down atau cooling system.

“Tapi saya kira toleransi di Bangka Belitung sangat baik. Soal adanya calon dari etnis minoritas, mungkin tidak akan jadi membesar karena kita dari satgas juga sudah berupaya menetralisir untuk menurunkan tensi politik di Bangka Barat serta cooling down atau cooling system agar situasi tetap aman dan damai,” ujar Umar Dani kepada Lensabangkabelitung.com, Kamis lalu.

Dalam persoalan minoritas atau mayoritas, Umar Dani tidak menampik hal itu bisa terjadi mengingat budaya ketimuran masyarakat di Indonesia masih melihat suatu kelompok atau membedakan kelompok-kelompok.

“Kalau kita tidak melihat minoritas atau mayoritas. Selama dia sebagai dia Warga Negara Indonesia dan dilindungi Undang-undang, siapapun orangnya boleh mencalonkan diri. Jadi kita tidak melihat kelompok etnis tertentu. Kita akan bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar dia.

Umar Dani menambahkan Satgas Nusantara Daerah Bangka Belitung mengharapkan jangan sampai terjadi hal-hal yang bisa merusak Kamtibmas atau melanggar hukum.

“Kita berpolitik yang baik dan elegan dengan menghormati aturan dan rambu hukum yang ada. Silahkan cari dukungan tapi dengan cara yang elegan dan jangan melakukan pemaksaan atau yang menjurus ke pelanggaran hukum,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button