NEWS

Pertanian Desa Rias Lumbung Pangan di Provinsi Babel

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dihadapan Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pertanian di Desa Rias Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan menjadi sejak beberapa tahun sudah menjadi lumbung pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Pak Menteri perlu kami sampaikan bahwa lokasi ini insya Allah tahun ini sudah akan memulai memanam untuk ketiga kalinya, ini yang pertama disini menanam tiga kali dalam setahun. Dan Sudah sekian lama pertanian di daerah Rias Kabupaten Bangka Selatan sudah menjadi lumbung pangan provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Erzaldi kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat melakukan panen raya padi di Desa Rias, Jumat 7 Agustus 2020.

Dikatakan Erzaldi, kemampuan para petani di daerah itu dalam mengolah lahan pertanian terus mengalami peningkatan dan dengan penuh semangat melakukan proses pembaharuan yang terus didorong oleh pemerintah.

“Dari hari ke hari, bulan ke bulan dan tahun ke tahun kami terus tanpa lelah berporses dan berproses, belajar sekaligus praktek dan sekarang alhamdulillah kemampuan para petani kita terus meningkat. Dan datang alat pertanian yang sangat mereka dambakan yang dulunya mereka tidak pernah memakai alat ini,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat yang akan menambah pupuk subsidi bagi para petani yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tentu hal ini akan menjadi salah satu tantangan bagi para petani untuk hasil yang lebih maksimal.

“Alhamdulillah tadi sebetulnya tanpa diminta pun Pak Menteri sudah tahu apa yang bapak ibu mau. Tadi kami barusan rapat langsung dengan pak Wapres khusus untuk memperjuangakn hak para petani yaitu kesedian dan menambah pupuk subsidi. Dan insya Allah telah disetujui oleh pemerintah dalam rapat tadi. Mudah-mudahan ini salah satu menjawab juga tantangan bagi para petani,” katanya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button