NEWS

Panen Padi di Desa Rias, Menteri Pertanian Sebut Pertanian Bisa Menghidupkan Semua Orang

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam kunkernya, Menteri Pertanian melakukan panen raya Padi di Desa Rias Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Jumat 7 Agustus 2020.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo memberikan bantuan fasilitas budidaya Ubi Kayu, bantuan benih padi  inhibrida, bantuan benih jagung hibrida, bantuan alat mesin pertanian (Alsintan).

Dalam sambutannya, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, jika Bangka Belitung, Bangka Selatan, dan Indonesia ingin menjadi lebih baik maka harus menghadirkan pertanian yang makin maju, mandiri dam modern.

Ia mengatakan, di masa pandemi Covid-19, seluruh dunia mundur dengan keadaan yang sekarang. Keadaan sekarang menurutnya merupakan keadaan yang tidak biasa, dan sudah sampai pada kondisi darurat, bahkan Amerika pun guncang, dan untuk pertama kali Amerika minus ekonominya dan Indonesia minus 4,2 persen.

“Catatan yang ada sekrang satu-satunya yang insya Allah bisa memulihkan Indonesia dengan kondisi sekarang adalah pertanian. kehidupan Indonesia tidak minus, karena pertanian tumbuh 16,4 persen. Yang lain tidak ada yang tumbuh diatas 2 persen,” ujarnya.

Menurut Mentan, yang bisa menghidupkan semua orang adalah pertanian, karena tidak ada orang di dunia ini yang tidak mau makan, semua orang cari dimana pertanian ini ada.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi menyebutkan, tahun ini lahan pertanian di desa Rias akan memulai penanaman untuk yang ketiga dalam satu tahun.

Ia mengatakan, jika pertanian daerah Rias khusunya Bangka Selatan sudah menjadi lumbung pangan Bangka Belitung dari tahun ke tahun.

“Kami terus tanpa lelah berporoses dan belajar sekaligus praktek. Alhamdulillah kemampuan petani meningkat, dan hari ini tentu kenjadi kebanggaan bagi para petani, karena kedatangan raja pertanian,” katanya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button