BANGKA TENGAHNEWS

Menghadapi Tudingan Tak Amanah, Kades Sungkap Siap Dihukum Bila Bersalah

Lensabangkabelitung.com, Sungkap – Puluhan warga, Jumat, 7 Maret 2020, mendemo Espendi, Kepala Desa Sungkap, Bangka Tengah. Para pendemo menuduh Espendi tidak amanah dan tidak transparan dalam menggunakan anggaran desa. Tuntutan untuk mundur dari jabatan pun digaungkan.

Darli, salah satu warga Desa Sungkap yang menginginkan Kepala Desa Sungkap turun dari jabatan, mengatakan bahwa masyarakat menilai Kades Desa Sungkap tidak transparan dalam banyak hal, seperti pembagian BLT yang menurutnya tidak jelas siapa-siapa saja yang menjadi penerimanya.

Ia juga menuding kalau tidak adanya kejelasan CSR PAD Desa hasil dari penjualan kotoran ayam dari satu di antara perusahaan yang berada di desa tersebut.

Menurutnya di perjanjian awal kotoran ayam tersebut akan dijadikan pupuk organik dan diutamakan untuk masyarakat Desa Sungkap sendiri.

“Tapi setelah keluar dari kandang, kotoran ayam itu tidak ditaruh di tempat penampungan yang sudah dibuat, kenyataannya keluar dari pabrik langsung dijual keluar oleh pihak Desa,” ujar dia.

Menurut dia, uang hasil dari penjualannya tidak jelas, tidak transparan, tidak pernah diumumkan kepada warga.

Sementara itu Kades Sungkap Espendi saat ditemui, mengatakan bahwa ia mengaku siap dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku apabila ia terbukti bersalah.

“Dalam waktu dekat kan inspektorat mau datang ke desa kita, mau melakukan pemeriksaan. Jadi kalau di pemeriksaan tersebut saya terbukti bersalah, saya siap menerima hukuman, saya siap apabila harus dipidana penjara,” ujarnya.

Penulis: Hendri Ahen | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button