LENSA POLITIKNEWS

Hasil Mapping, Kerawanan Pilkada Empat Kabupaten di Babel Tidak Sama

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Satuan Tugas Daerah (Satgasda) Nusantara Bangka Belitung sudah melakukan pemetaan (Mapping) kerawanan di empat kabupaten di Bangka Belitung yang akan melaksanakan pilkada, yakni Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Tengah, Bangka Barat dan Belitung Timur.

“Secara umum kita sudah mapping kerawanan khususnya di empat daerah ini. Hasilnya diketahui masing-masing daerah punya spesifikasi yang berbeda,” ujar Ketua Satgasda Nusantara Bangka Belitung Brigadir Jenderal Umar Dani kepada Lensabangkabelitung, Kamis lalu.

Umar Dani menuturkan pemetaan yang dilakukan masih bersifat umum karena pihaknya belum tahu persis siapa pasangan calon pasti dari masing-masing kabupaten.

“Kalau isu yang berkembang ada si A, si B, si C. Tapi pastinya kalau dia sudah mendaftar lalu diverifikasi. Jika memenuhi syarat dan ditetapkan pasangan calon baru kita bisa bicara,” ujar dia.

Untuk melakukan penegakan hukum terkait kerawanan itu, kata Umar Dani, belum bisa dilakukan karena pasangan calon pasti. Pihaknya menunggu sampai masuk tahapan dan pasangan calon sudah diverifikasi.

“Biasanya jika masuk tahapan inti seperti kampanye hingga pencoblosan pasti banyak penyimpangan atau penyalahgunaan seperti black campagne, negatif campagne, money politics dan pemaksaan kehendak pasti ada,” ujar dia.

Umar Dani menambahkan dalam pelaksanaan Pilkada, Polri tidak berpihak ke siapa-siapa alias netral. Namun pihaknya mengharapkan agar tidak terjadi pelanggaran atau mengganggu kamtibmas.

“Kita berpolitik yang baik dan elegan dengan menghormati aturan dan rambu hukum yang ada. Silahkan cari dukungan tapi dengan cara yang elegan. Jangan melakukan pemaksaan atau yang menjurus ke pelanggaran hukum,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close