NEWS

Gubernur Minta Menteri Pertanian “Sentil” Pimpinan Bank Agar Mau Mengalirkan Dana KUR untuk Petani

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman meminta kepada Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo agar Bank bisa mengucurkan dana KUR kepada para petani. Hal itu dikatakan Erzaldi saat panen raya Padi di Desa Rias Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Jumat 7 Agustus 2020.

“Pak Menteri, tolong disentil pimpinan Bank, agar dana KUR ini bisa lancar dan mengalir kepada para petani kita, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kita,” kata Erzaldi saat memberikan sambutan di depan Menteri Pertanian.

Ia meminta kepada pihak perbankan agar tidak takut untuk mengucurkan dana KUR kepada para petani. Karena menurut Erzaldi memberikan kredit kepada petani merupakan suatu keberkahan.

“Saya sampaikan jangan pernah takut mengucurkan kredit kepada para petani, karena mengucurkn kredit kepada para petani adalah berkah dan Insya Allah akan memberikan keberkahan kepada Bank yang memberikan kredit kepada para petani,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pertanian, Syarul Yasin Limpo meminta kepada pimpinan bank yang hadir dalam acara tersebut untuk tidak takut memberikan kredit kepada para petani karena pengembaliannya sangat jelas.

“Bank jangan ada ragu sedikitpun, saya minta semua Bank keluarkan sampai Rp 100 Miliar pun saya setuju. Karena pertanian ini menjanjikan. Karena ini pemikiran seorang menteri pertanianm orang lapangan jadi di pertanian pengembaliannya jelas,” jelasnya.

Ia mengatakan, dalam 100 hari, satu hektar lahan pertanian, bisa menghasilkan Rp 10 juta paling minimal, dan didalamnya sudah dipakai buat makan, pesan makanan dari kuar, dan sudah bayar upah orang bekerja masih ada untung Rp 10 juta. Jadi Bank tidak perlu khawatir jika memberikan kredit kepada masyarakat.

“Kepada pimpinan bank BRI, BNI, Mandiri, saya sudah bilang ke pak Gubernur pakai 100 sampai 200 miliar dana KUR ini, kita tanggung jawab. tapi teknisnya tetap ada, yang penting jangan beribet lagi, kita gulirkan untuk masyarakat petani,” ujarnya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button