NEWS

Alami Kecelakaan Laut, Tiga Nelayan Sungailiat Dapat Bantuan dari PT Timah

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Tiga nelayan Sungailiat, Selasa, 11 Agustus 2020, mendapat bantuan dari PT Timah Tbk. Didampingi Dewan Perwakilan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI) Kabupaten Bangka bantuan tersebut disalurkan secara langsung kepada mereka, para nelayan.

Nelayan yang dimaksud adalah Honardi warga Lingkungan Nelayan I Sungailiat yang mengalami kecelakaan laut, beberapa waktu lalu. Perahu miliknya karam dan pecah menabrak beting sisa produksi KIP saat hendak pulang dan masuk ke perairan Nelayan I. Seluruh peralatan tidak dapat diselamatkan, namun korban bersama rekannya selamat.

Honardi sangat berterimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh PT Timah. “Terima Kasih PT Timah yang sudah membantu kami, sejak kapal saya pecah saya tidak bisa melaut, mudah-mudahan bantuan ini bisa saya gunakan untuk membeli perahu yang layak untuk melaut,” ungkap Honardi.

Selain Honardi, Kasmin yang juga merupakan nelayan warga Lingkungan Nelayan I juga yang mengalami kecelakaan laut. Perahu milik Kasmin hangus terbakar saat hendak pulang dari melaut. Terjadinya konsleting pada mesin perahunya, mengakibatkan perahu miliknya hangus terbakar.

“Terimakasih bantuannya Pak Ridwan dan PT Timah,” ujar Kasmin.

Gusrizal atau Ical, nelayan warga Lingkungan Nelayan II juga mengalami kecelakaan laut, yaitu perahu miliknya pecah karena tersambar petir saat hendak melaut. Dia selamat, namun mengalami trauma dan gangguan pendengaran sesaat.

“Saya berterima kasih kepada HNSI dan PT Timah sudah membantu saya, mudah-mudahan bantuan ini dapat saya gunakan sebaik mungkin,” kata Gusrizal.

Sementara itu ketua DPC HNSI Kabupaten Bangka Ridwan menjelaskan bahwa DPC HNSI berkewajiban membantu nelayan yang mengalami musibah.

“Seperti biasanya kami DPC HNSI Kabupaten Bangka memiliki kewajiban untuk membantu dan memfasilitasi secara moril dan administrasi Nelayan kita yang menjadi korban kecelakaan laut, tentu PT Timah yang selama ini terdepan dalam membantu korban kecelakaan laut khususnya di wilayah laut Bangka, DPC HNSI Bangka sangat berterima kasih kepada PT Timah atas kepedulian dan support-nya selama ini,” ujar Ridwan.

Dilanjutkan Ridwan satu-satunya perusahaan negara yang sangat responsif memberikan bantuan kepada nelayan di Kabupaten Bangka selama ini.

Ridwan mengingatkan kepada nelayan, agar bantuan yang diberikan oleh PT Timah dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk perbaikan kapal maupun untuk beli mesin yang sudah rusak.

“Harapan kami PT Timah selalu hadir bagi nelayan yang terkena musibah dilaut pada saat mereka membutuhkan, dan kami HNSI Bangka selalu siap membantu nelayan secara administrasi dalam mengusulkan permohonan bantuan kepada PT Timah,” kata Ridwan.

Penulis: Vera | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button