NEWS

Wujudkan Ketahanan Pangan, Pemkab Basel Mengapresiasi Reklamasi yang Dilakukan PT Timah

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan mengapresiasi reklamasi lahan bekas tambang yang dilakukan oleh PT Timah Tbk. Kegiatan terkini, reklamasi dilakukan pada eks tambang di Dusun Parit Lima Desa Keposang Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Jumat 3 Juli 2020.

Lahan seluas satu hektar yang sudah tidak produktif direklamasi oleh PT Timah dengan menanam tanaman hortikultura buah buahan jenis jeruk dan jambu mete sebanyak 630 batang.

Kepala Dinas Pertanian Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi mengatakan, program reklamasi yang dilakukan PT Timah seiring dengan program yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dalam menjaga ketahanan pangan.

“Pemkab Bangka Selatan sangat mengapresiasi sekali tehadap program reklamasi oleh PT Timah, karena program ini sejalan dengan program dari Pemkab dalam menjaga ketahanan pangan di Bangka Selatan,” kata Suhadi.

Ia mengatakan, ke depannya tidak hanya tanaman keras yang ditanaman di lahan bekas tambang tapi juga tanaman semusim yang bisa langsumg memberikan dampak paling cepat untuk masyarakat.

“Kita gerakkan untuk lahan-lahan bekas tambang ini tidak hanya tanaman keras, tapi juga tanaman semusim seperti jagung dan shorgum yang dapat memberikan dampak paling cepat bagi masyarakat sekitar. Jadi di sela-sela tanaman ini bisa kita manfaatkan untuk tanaman semusim,” ujarnya.

Ia berharap dengan dilakukannya reklamasi tanaman hortikultura tanaman pangan, bisa memenuhi pangan lokal khususnya di Bangka Selatan.

“Harapan kita dengan adanya penanaman tanaman hortikultura ini bisa memenuhi panganan lokal yang ada di Bangka Selatan sehingga masyarakat kita dari sisi ekonomi dan sisi kebutuhan pangan bisa terpenuhi,” harapnya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close