BANGKA SELATANNEWS

Volume Sampah di Bangka Selatan Menurun Selama Pandemi Covid-19

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah produksi sampah yang dihasilkan oleh warga di daerah itu menurun.

Penurunan produksi sampah akibat dari minimnya aktivitas masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dam Lingkungan Hidup Bangka Selatan, Gatot Wibowo mengatakan, dalam keseharian sebelum adanya wabah Covid-19 rata-rata produksi sampah di Kabupaten Bangka Selatan terutama di Kecamatan Toboali tercatat sekitar 26,3 ton per hari.

Sementara selama pandemi Covid-19, lanjut Gatot volume sampah di Kecamatan Toboali tercatat mengalami penurunan dengan volume berkisar antara 19 sampai 23 ton perhari.

“Pada saat kondisi Covid ini cenderung mengalami penurunan karena aktivitas masyarakat selama ini kebanyakan dari rumah, sehingga sampah-sampah yang dibuang ditempat-tempat kami mengambil semakin berkurang, karena efek dari aktivitas masyarakat yang semakin berkurang,” kata Gatot Wibowo, Sabtu, 11 Juli 2020.

Ia mengatakan, untuk penangan intensitas sampah di daerah itu, pihaknya menerapkan sistem zonasi dengan menempatkan petugas kebersihan di tempat-tempat yang mempunyai potensi sampah terutama di perkotaan.

“Dengan kondisi sarana dan prasaran yang ada artinya diluar segala kekurangan dan kelebihan dari SDM dan sebagainya kita lakukan dengan sistem zonasi dengan jumlah armada yang kita punya, terlepas dari itu berlangsung secara optimal atai tidak yang jelas upaya itu sudah kita lakukan,” ujarnya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close