NEWS

Tentang Belajar Tatap Muka di Sekolah, Dinas Pendidikan Bateng Tak Mau Gegabah

Lensabangkabelitung.com, Koba – Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah masih mengkaji kebijakan sekolah tatap muka di tengah masa pandemi COVID-19.

Pertimbangan Tim Gugus Tugas COVID-19 Babel dan Kemendikbud tetap jadi acuan, dimulai tidaknya sekolah tatap muka pada tahun ajaran baru 2020 tersebut.

“Kita masih menunggu keputusan resmi dari Kementerian terkait. Termasuk bagaimana daerah-daerah yang tingkat kerawanan Covid-nya, istilahnya mana yang zona merah, hijau, kuning,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah Iskandar, Jumat 3 Juli 2020.

Meski mengatakan skenario pembelajaran di tengah pandemi sudah disiapkan, namun pihaknya tidak mau gegabah. Walaupun saat ini Kabupaten Bangka Tengah sudah dinyatakan zona hijau dari COVID-19.

“Jadi itu kita tunggu. Karena ini harus dibicarakan dinas terkait, Dinas Kesehatan melalui gugus tugas yang nantinya memberikan pertimbangan kepada kita apakah sudah layak siswa kembali ke sekolah atau belum,” jelas dia.

Iskandar menegaskan, jika suatu wilayah belum ada yang masuk zona hijau, maka sekolah tatap muka tidak akan dilakukan. Dengan demikian, proses belajar mengajar via online masih tetap dilanjutkan.

“Kami dari Disdik mempersiapkan semuanya. Kalau misalnya masih berlanjut pandemi ini saat tahun ajaran baru 13 Juli nanti, maka pembelajaran online berlanjut. Ini juga sudah kita siapkan,” ujarnya.

Kalaupun demikian hari, sekolah tatap muka dimulai pada daerah yang sudah masuk zona hijau, protokol kesehatan harus secara ketat diberlakukan.

“Kita harus ikuti ketentuan yang dianjurkan kementerian sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat. Pokonya kita menunggu saja, tapi skenario-skenario itu sudah kita siapkan,” jelasnya.

Penulis: Hendri Ahen | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close