NEWS

Januari – Juni 2020, Di Bateng Ada 165 Kasus DBD, 3 Meninggal Dunia

Lensabangkabelitung.com, Koba – Angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dalam kurun waktu Januari hingga Juni 2020 tercatat sebanyak 165 kasus.

Kasus tersebut tersebar di dua Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah. Dari jumlah tersebut, tercatat tiga orang meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah dr Bahrun Siregar Sutrisno mengatakan, bahwa kasus DBD di Kabupaten Bateng dari bulan Januari-Juni 2020 tercatat sebanyak 165 kasus, yang terdiri dari 78 kasus laki-laki, dan 87 kasus perempuan.

“3 penderita DBD yang meninggal itu asalnya satu dari Kecamatan Sungaiselan, dan dua orang dari Kecamatan Simpang Katis,” jelas dia, Kamis, 23 Juli 2020.

Ia mengungkapkan bahwa kasus paling banyak terjadi di Kecamatan Sungaiselan dan Kecamatan Simpangkatis, dan menurutnya kebiasaan masyarakat menampung air menjadi salah satu penyebab timbulnya kasus DBD tersebut.

Pemkab Bateng telah melakukan upaya-upaya untuk menekan angka kejadian DBD, seperti rutin mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pentingnya menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan menerapkan 3M Plus, yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penyimpanan air, dan mengubur barang bekas yang mampu menampung air hujan, dan plusnya adalah segala bentuk pencegahan seperti memasang kelambu.

Ia berharap agar masyarakat juga memperhatikan lingkungan sekitar yang berpotensi menjadi tempat berkembangnya jentik nyamuk DBD.

“Bisa juga memberikan ikan pemakan jentik di tempat penampungan air seperti ikan guppy,” ungkap dr Bahrun.

Penulis: Hendri Ahen | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button