BANGKANEWS

Hari Ini, Satu Warga Kecamatan Belinyu Terkonfirmasi Positif Covid-19

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Kabupaten Bangka kembali terpapar Covid-19, kali ini satu orang warga Kecamatan Belinyu positif terkonfirmasi Covid-19.

” Hari ini tanggal 11 Juli 2020, Bangka menambah 1 orang terkonfirmasi positif covid-19 dengan no register 1066 dengan inisial NN umur 59 tahun, bertempat tinggal di Kecamatan Belinyu, dengan riwayat awal batuk sudah lama,” ungkap Juru bicara tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra. Sabtu, 11 Juli 2020.

Pasien tersebut dijelaskan Boy dinyatakan reaktif pada tanggal 2 Juli sedangkan untuk pelaksaan pemeriksaan swab pertama pada tanggal 6-7 Juli dan untuk tanggal 11 Juli keluar hasil swab yang bersangkutan positif terkonfirmasi covid-19 dengan kategori ODP.

Sebagai upaya tim gugus tugas sudah melakukan kerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan tentang adanya kapsul transport. Dari informasi yang disampaikan, kalau ada orang yang terkonfirmasi positif covid-19 lali dimasukkan ke kapsul transport, dapat mengurangi resiko terhadap dokter dan perawat.

“Kapsul transport ini sebagai evafilter sehingga ia tidak bisa mengeluarkan virus atau bakteri apapun saat berada di kapsul transport tersebut,” ujar Boy.

Upaya lainnya, dikatakan Boy akan dilakukan penyemprotan disinfektan di sekitar radius 100 meter dengan tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Belinyu.

“Upaya yang dilakukan oleh Dinkes Kabupaten Bangka dan puskesmas Kecamatan Belinyu adalah tracking kontak terhadap Nn dan akan dilaksanakan swab dan rapid test, serta mengkarantina NN di BKPSMD Bangka Belitung yang dibantu oleh PSC 119 Rumah Sakit Eko Maulana Ali,” terang Boy.

Boy meminta agar masyarakat koorporatif seketika dirinya reaktif harus wajib di swab, jangan menyusahkan petugas kesehatan.

” Direncanakan, Insya Allah Senin, 13 Juli 2020 tim Gugus Tugas Covid-19 akan mengarah ke Belinyu untuk pendampingan pada salah satu pasien yang reaktif yang tidak kooperatif untuk di-swab,” jelas Boy.

Penulis: Vera | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close