NEWS

Gelar Aksi, Massa ‘Front Melayu Babel Bersatu’ Tolak RUU HIP

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang- Rancangan Undang-Undang Haluan Idiologi Pancasila belakangan ini tengah ramai menjadi pembicaraan. RUU HIP tersebut memicu berbagai tanggapan sejumlah politisi dan para ulama serta tokoh agama yang menganggap RUU HIP ini tak memiliki urgensi untuk dibahas pada saat pandemi Covid-19 saat ini. Pro dan kontra pun terjadi.

Di Pangkalpinang, sebanyak lima puluh satu ormas dan majelis taklim menggelar aksi bersama. Mereka menggugat dan siap mendukung maklumat Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat yang menolak RUU HIP.

Aksi damai yang diberi nama aliansi Front Melayu Babel Bersatu menggelar aksi mulai pukul 13.30 WIB, Jumat, 3 Juli 2020. Mereka berkumpul di Taman Mandara, Keluharan Pintu Air, Pangkalpinang. Tujuan akhirnya, ke DPRD Babel.

Dalam aksi damai tersebut, sempat terjadi negosiasi antara pihak kepolisian dan para koordinator aksi, agar aksi tersebut dilaksanakan cukup di Taman mandara saja dan tidak perlu ke DPRD Babel mengingat kondisi pandemi saat ini.

Hampir kurang lebih satu jam bernegosiasi antara pihak kepolisian dan koordinator aksi. Akhir negosiasi kepolisian tidak membuahkan hasil, dan peserta aksi tetap bersikukuh melanjutkan aksinya ke DPRD Babel.

Sekitar pukul tiga sore, rombongan peserta aksi tersebut beramai-ramai dan beriringan konvoi menuju menggunakan sepeda motor dan mobil menuju titik aksi damai tersebut di kantor DPRD Provinsi Bangka Belitung untuk melakukan orasi dan audiensi dengan anggota DPRD Babel terkait penolakan RUU HIP dan mendukung maklumat MUI tersebut.

Ustad Fahruruozi, salah satu koordinator aksi mengatakan bahwa dalam aksi tersebut murni dari hati nurani dan tidak ada konspirasi dan kepentingan politik apapun.

“Tidak ada konspirasi dan kepentingan politik dalam aksi damai ini. Jangan dikait-kaitkan dengan politik dan issue lainnya. Kita murni dari hati nurani dan tidak ditunggani oleh pihak manapun,” tegas Ustad Fahrurrozi.

Penulis: Zamhari | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close