BANGKA SELATANLENSA DAERAHNEWS

Camat Toboali Mengajak Masyarakat Olah Sampah Menjadi Lebih Bermanfaat

Lensabangkabelitung.com, Toboali – PLN Bangka Belitung bersama Pemerintah Kecamatan Toboali Kabupatan Bangka Selatan menggelar pelatihan pengolahan sampah menjadi sumber energi listrik, Selasa 7 Juki 2020 di Kantor Kecamatan Toboali.

Camat Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Sumindar mengatakan, pelatihan pengolahan sampah menjadi sumber energi listrik bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar mampu mengolah sampah menjadi lenih bermanfaat dan berharga.

“Kita dari pemerintah kecamatan melalui tim dari PLN mendorong masyarakat agar dapat mengolah sampah rumahnya menjadi suatu yang bernilai, sehingga masyarakat bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari sampah-sampah yang ada,” kata Sumindar kepada wartawan, Selasa di Toboali.

Ia mengatakan, dalam pelatihan nanti, sampah akan di kelola menjadi bahan baku energi listrik untuk suplay energi listrik yang ada di Pulai Tinggi Kabupaten Bangka Selatan yang merupakan pilot project dari PLN.

“Sampah yang diolah menjadi sumber energi listrik ini akan bernilai ekonomi karena akan dibeli oleh PLN untuk suplay bahan energi listrik di Pulau Tinggi. Dan ini tentunya akan menjadi penghasilan tambahan bagi masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya pemahaman kepada masyarakat tentang mekanisme pengolahan sampah akan berdampak juga pada kebersihan lingkungan. Karena masyarakat sudah terbiasa untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Lingkungan menjadi lebih terta dan bersih. Orang sudah mulai terbiasa untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena sudah kita beri tahu manfaat dari sampah itu. Dan mereka juga makin sadar bahwa lingkungan bersih itu untuk kebaikan kita semua,” katanya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button