NEWS

Sebelum Turun ke Lapangan, KPU Basel Pastikan Kesehatan PPK dan PPS

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan, Jumat 26 Juni 2020 melakukan rapid test bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Toboali.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Bangka Selatan, Muhidin mengatakan rapid test kepada penyelenggara pemilu dilakukan untuk memastikan bahwa PPK dan PPS yang akan turun ke lapangan benar-benar dalam keadaan sehat.

“Pilkada 2020 ini berbeda dengan pilkada sebelumnya, karena tahapan pilkada lanjutan ini dilakukan di masa Pandemi Covid-19, untuk itu kita harus memastikan setiap petugas penyelenggara pemilu ketika akan turun kelapangan dipastikan dulu kesehatannya dengan melakukan rapid test,” kata Muhidin kepada wartawan.

Ia menyebutkan, sebanyak 74 penyelenggara pemilu (PPK dan PPS) di kecamatan Toboali yang terdiri dari 8 desa dan 3 kelurahan dilakukan rapid test.

“Tahapan sekarang ini verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon perseorangan. Untuk itu sebelum mereka turun ke lapangan kita lakukan rapid test,” ujarnya.

Sementara untuk rapid test kecamatan lain, kata Muhidin akan dilakukan di kecamatan masing-masing.

“Untuk kecamatan lain, sudah kita kirim surat untuk membuat jadwal masing-masing dengan berkoordinasi dengan pihak puskesmas setempat. Sebagian kecamatan sudah ada jadwal dan sebagian tinggal menunggu konfirmasi pihakn puskesmas,” katanya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button