NEWS

Polres Bangka Selatan Limpahkan Kasus Karhutla ke Polda Babel

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Polres Bangka Selatan melimpahkan kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Serdang Kabupaten Bangka Selatan ke Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Kasat Reskrim Polres Bangka Selatan, AKP Albert Daniel Tampubulon mengatakan, pada tanggal 12 Juni 2020 pihaknya telah mengamankan enam yang terbukti disangkakan melakukan pembakaran lahan di wilayah Serdang Kabupaten Bangka Selatan dengan luas lahan 4 hektar.

“Kasus Karhutla ini merupakan atensi dari pimpinan, sehingga penanganan kasus kita limpahkan ke Direktorat Kriminal Khusus Polda Kepulauan Bangka Belitung,” kata AKP Albert saat konferensi pers, Jumat 19 Juni 2020.

Berdasarkan dari pengakuan tersangka berinisial AC warga Klidang lahan tersebut merupakan lahan milik perorangan dan akan dibuka untuk perkebunan kelapa sawit.

“Terkait dengan kawasan hutan setelah kita melakukan penelusuran lebih lanjut, kawasan tersebut tidak termasuk kawasan hutan atau statusnya HPL,” ujarnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat yang akan membuka lahan untuk tidak dilakuka dengan cara dibakar, karena akan merugikan masyarakat banyak.

“Pemerintah sudah menghimbau berkali-kali untuk membuka lahan tidak dengan cara membakar karena efek dari pembakaran lahan ini dapat merugikan masyarakat banyak,” imbaunya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close