NEWS

Pemberdayaan Masyarakat Menjadi Titik Tumpu Bangka Barat Persiapkan New Normal

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Sidarta Gautama mengatakan dalam pemberlakuan New Normal, pihaknya tidak dalam keadaan aktif atau pun pasif untuk mengajukan agar bisa menjadi salah satu Kabupaten/Kota yang ditetapkan untuk menjalankan New Normal.

“Begini, dia itu tidak juga pasif, tidak juga aktif, artinya kita juga dak boleh nunggu gitu yah, sehingga kita juga harus menyampaikan apa-apa yang terkait kondisi terkini kepada Pemerintah Provinsi, jadi Pemerintah Provinsi dan Pusat itu urusannya,” kata Sidarta Gautama via telepon, Senin, 1 Juni 2020.

Sidarta menjelaskan, apabila nanti suatu saat Kabupaten Bangka Barat telah ditetapkan menjadi salah satu daerah yang menjalankan New Normal, maka ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian dan persiapan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat.

Pertama, Mental masyarakat harus betul-betul dipersiapkan, artinya dengan cara pemberitahuan dan sosialisasi terkait penerapan New Normal. Bagaimana tata kelola kehidupan masyarakat setelah menjalankan New Normal.

“Bagaimana masyarakat harus berdisiplin diri, ada ketentuan-ketentuan yang nanti memang harus menjadi kondisi dasar hidup masyarakat yang sebelumnya tidak seperti itu, kemudian harus seperti itu,” jelasnya.

Kedua, tatanan sosial kemasyarakatan juga akan menjadi perhatian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, artinya nanti apabila sudah diberlakukan New Normal, peran Kepala Desa, Lurah, RT/RW akan mendapatkan tambahan misi dan kewajiban baru yang harus penuhi di tengah-tengah masyarakat.

“InsyaAllah, karena pada prinsipnya New Normal itu bertumpu pada pola pemberdayaan masyarakat, kehidupan sosial masyarakat yang bertumpu pada pemberdayaan masyarakat, dari kita untuk kita lah,” demikian Sidarta Gautama.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close