NEWS

Kesadaran Masyarakat Meningkat dan Kabar Baik Babar Menuju Zona Hijau

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Setelah sekitar tiga minggu tanpa ada penambahan kasus baru Covid-19, warga terkonfirmasi positif Covid-19 Kabupaten Bangka Barat yang terakhir kemungkinan besar besok akan segera dipulangkan ke rumah usai menjalani masa karantina di Wisma Karantina Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Sekarang ini Alhamdulillah kita tinggal menunggu yang anak sembilan tahun itu, mungkin hari ini atau dak besok sudah pulang, artinya kalau itu pulang berarti kita kosong, kembali nol, yang lain sudah pulang semua dari Provinsi,” kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19), Sidarta Gautama via telepon, Selasa, 30 Juni 2020.

Sidarta Gautama menyebutkan, dengan tidak adanya tambahan kasus baru serta usai warga terakhir yang terkonfirmasi positif Covid-19 diperbolehkan pulang dan dinyatakan sehat, sebetulnya Kabupaten Bangka Barat sudah bisa dikatakan masuk ke kategori zona hijau.

“Ini kabar baik, tapi demikian kami tetap berpesan kepada seluruh masyarakat, karena posisi kita ini kan di pintu gerbang Provinsi, artinya kita tetap harus waspada dan menerapkan protokol kesehatan menuju new normal,” imbaunya.

Tidak adanya tambahan kasus baru Covid-19, dianggap oleh Sidarta sebagai sesuatu yang baik di saat-saat rapid tes masal gencar dilaksanakan baik kepada aparatur TNI/Polri, Sipil, Kejaksaan dan lain-lain sehingga sudah bisa dipastikan bahwa tidak ada yang menjurus ke kasus Covid-19.

Sidarta juga menilai, hampir semua lapisan masyarakat, baik dari unsur pemerintah daerah, lembaga, dan kelompok serta komunitas masyarakat sudah sangat memahami perlunya rekomendasi dan konsultasi dari Gugus Tugas terkait setiap kegiatan yang akan mereka laksanakan.

Artinya, Sidarta menjelaskan bahwa ada kesadaran dari masyarakat, bukan hanya individu tapi sudah dalam kelompok masyarakat tertentu tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan.

“Ini adalah hal yang positif, artinya tidak perlu kita himbau, mereka sudah melakukan sendiri,” ujar Sidarta.

“Justru sekarang ini mereka merasa tidak enak atau bagaimana kalau seandainya mereka tidak melakukan (protokol kesehatan) itu, sudah ada perasaan seperti itu,” demikian Sidarta Gautama.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close