NEWS

Kegiatan DAK Fisik TK, SD dan SMP di Bangka Selatan Dimulai Juli

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan tahun 2020 dari TK, SD sampai dengan SMP sebesar Rp 30 miliar. Dana ini bersumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan, Sumadi mengatakan, DAK fisik sebesar Rp 30 miliar akan digunakan untuk pembangunan ruang kelas baru, rehabilitasi ruang kelas, rehabilitasi MCK, dan untuk pengadaan perabot sekolah.

Saat ini, kata Sumadi baru tahap persiapan, dan anggaran tahap satu sudah masuk ke Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Bangka Selatan, ini baru tahap untuk pencairan, dan setelah ini baru tahap pelaksanaan.

“Realisasi pelaksanaan diperkirakan dimulai bulan Juli, dan untuk pengadaan perlengkapan peralatan pembelajaran mulai dilelang,” kata Sumadi, Senin 15 Juni 2020.

Dikatakannya, teknis pengerjaan sendiri dilakukan dengan cara swakelola sekolah. Sedangkan untuk pengadaan peralatan sekolah seperti peraga pendidikan, buku dilakukan sistem tender atapun menggunakan e-katalog.

“Untuk sekolah yang sudah dilakukan renovasi agar bisa terpelihara, jangan mengharapkan terus dari dinas pendidikan. Dari anggaran BOS pun bisa memelihara sekolah sampai kepada pemeliharaan sekolah ringan. Artinya apbila ada rusak sedikit-sedikit gunakan lah dana BOS,” ujarnya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button