NEWS

Anak Bungsu Gubernur Babel Dipastikan Terkonfirmasi Positif Covid-19

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kabar yang berhembus beberapa hari terakhir terkait adanya salah satu anak Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman terkonfirmasi positif Covid-19 dipastikan benar.

Direktur RSUP Soekarno Armayani Rusli mengatakan kepastian bahwa anak gubernur positif Covid-19 tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang keluar pada Selasa, 2 Juni 2020 lalu.

“Semua keluarga gubernur sudah swab, termasuk ibu dan anak-anak. Dari hasil yang diambil swab itu, yang positif adalah anak beliau yang bungsu,” ujar Armayani kepada Lensabangkabelitung.com, Sabtu, 6 Juni 2020.

Armayani membantah adanya tudingan bahwa pihaknya berupaya menutupi kasus tersebut karena menyangkut keluarga gubernur.

“Tidak ada yang ditutup-tutupi. Karena apa, itu karena swabnya terdaftar di Pusat Litbangkes Jakarta. Swabnya dikirim oleh Labkesda ke Jakarta. Jadi tidak ada yang ditutup-tutupi karena kalau ditutup-tutupi itu merupakan kejahatan tingkat Indonesia, bukan Babel lagi,” ujar dia.

Menurut Armayani, saat ini anak bungsu gubernur tersebut sedang dikarantina mandiri di rumah pribadi gubernur dibawah pertanggungjawaban langsung Dinas Kesehatan.

“Yang positif masih ada dikarantina di rumah pribadi beliau. Karantina juga sudah persetujuan saya, Pak Mulyono dan Pak Andre. Diisolasi mandiri di rumah pribadi karena kita harus menjaga privasi. Kalau di rumah dinas nanti orang ribut lagi,” ujar dia.

Dengan hasil swab positif anak gubernur itu, kata Armayani, pada Selasa Sore Gubernur dan beberapa ajudan melakukan rapid test dan sekaligus swab karena saat rapid tes khusus gubernur hasilnya reaktif.

“Lalu diambil swabnya malamnya kemudian langsung diperiksa di labkes dan hasilnya pada hari Rabu negatif. Itu swab gubernur yang kelima,” ujar dia.

Sebelumnya hasil swab gubernur dinyatakan negatif, kata Armayani, suasana di Pemprov Babel agak sedikit galau karena kalau swab gubernur positif hasilnya, maka semua akan di-tracking termasuk Kapolda dan Danrem.

“Kebetulan saya tahu persis kemana bertiga ini pergi. Termasuk saya juga kalau positif gubernur kemarin akan tracking dan dites juga. Saya sudah diskusi dengan gubernur, Pak Mul dan Pak Andri bahwa kalau hasil positif kita semua setuju dan bersedia diumumkan. Karena kalau beliau (Gubernur) positif, jelas berdampak luas untuk pelaporan Covid-19,” ujar dia.

Armayani menambahkan andaikata anak gubernur tersebut jika dilakukan swab lagi hasilnya negatif maka hal tersebut sudah selesai dan tidak ada masalah. Justru dengan ketahuan positif, kata dia, diobati dan dilakukan terapi, pemberian gizi, olahraga dan lain sebagainya.

“Jangan anggap orang Corona positif itu aib, jangan. Untuk mereka yang positif dan sembuh berarti mereka sudah punya kekebalan. Kita ini yang belum diperiksa membuat kita belum apa-apa. Orang yang mati selama ini karena penyakit bawaan, diabetes, kencing manis, jantung dan hipertensi. Itu yang kita waspadai,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close