NEWS

12 Kru Kapal PT Timah Turun ke Daratan, GTPPC-19 Babar Langsung Lakukan Evakuasi

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Setelah diketahui turun ke daratan, 12 orang Kru Kapal Timah-6 dan Tongkang Tugboat T24 milik PT Timah segera dievakuasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Kabupaten Bangka Barat di daratan Dermaga Peltim Kecamatan Muntok.

“Dia ini turun dari kapal, itu saja masalahnya, kalau dia tetap di kapal, dak perlu kita bawa (evakuasi), kita juga repot, ini kamar (Wisma Karantina) nya kurang rupanya,” kata Sidarta Gautama saat mengecek ketersediaan kamar di Wisma Karantina Suspect Covid-19 Babar, Rabu, 3 Juni 2020.

Sekretaris GTPPC-19 Babar, Sidarta Gautama mengatakan 12 kru ini secepatnya akan segera dilakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) untuk menentukan statusnya.

“Apakah OTG, apakah ODP, kan belum jelas 12 orang ini, belum ada status,” ujarnya.

Kata Sidarta, ini merupakan bentuk antisipasi terhadap orang-orang yang keluar dari kapal untuk turun ke daratan Bangka Barat, apa lagi diketahui Kapal Timah-6 dan Tongkang T24 ini diduga sempat kontak dengan Kapal Keruk yang krunya sudah terkonfirmasi Positif Covid-19 yang berlokus di Singkap Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.

“Orang-orang yang keluar dari kapal yang kita tahu kontak dengan kapal yang ada positifnya kan kita wajib waspada, daripada kita biarin lalu hasilnya fatal, saya selalu menekankan kehati-hatian,” tegas Sidarta.

“Ini kapalnya aja yang diduga pernah kontak, tapi apakah orang-orangnya juga pernah, ini masih kita PE atau tracking,” tambahnya.

Sidarta mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak Pusmet Muntok agar nanti ditegaskan dalam SOP kalau tidak boleh turun harus dipatuhi untuk tidak turun.

“Jawabannya mereka punya SOP, tapi spesifik bahwa ini berkaitan dengan singkap, mereka tidak menjawab sedetil itu,” jelas Sidarta.

12 kru yang turun ini, dikatakan oleh Sidarta sebelum dievakuasi sudah turun ke daratan terlebih dahulu lalu kemudian dikumpulkan satu per satu untuk dibawa ke Wisma Karantina Suspect Covid-19 Kabupaten Bangka Barat.

Maka dari itu, telah dari mana saja para 12 kru kapal ini sebelum dievakuasi Sidarta mengatakan belum mengetahui dan saat ini sedang dalam proses pengumpulan informasi terkait itu.

“Nunggu-nungguin satu dua (untuk datang) di Dermaga Peltim, memang saya hubungi tadi pagi ke pusmet, karena dapat informasi bahwa Timah-6 itu ABK nya turun, saya telpon PT Timah supaya segera dikumpulkan kembali ABK nya untuk dirapid tes, dan hasil semuanya Non-Reaktif,” demikian Sidarta Gautama.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close