NEWS

Rp 243 Juta BLT Dana Desa Air Putih Mulai Dikucurkan

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Sebesar 243 juta rupiah Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Air Putih, Muntok, sudah mulai dikucurkan secara bertahap mulai Sabtu, 9 Mei 2020 untuk setiap bulan selama 3 kali.

Penyerahan BLT DD oleh Desa Air Putih Kecamatan Muntok ini dilakukan pada tahap pertama pada hari ini di Kantor Pemerintah Desa sebanyak tiga sesi agar masyarakat yang datang tetap bisa menerapkan physical distancing selama antrian proses penerimaan bantuan.

Kepala Desa Air Putih, Ayun Permana mengatakan kalau tahap pertama penyerahan BLTD ini dilakukan secara tunai sebesar enam ratus ribu rupiah, namun untuk tahap kedua dan ketiga akan langsung ditransfer kepada masyarakat melalui akun rekening masing-masing.

“Hari ini tiga sesi, masyarakat penerima langsung dibagikan semua, pertama jam 8.00 sebanyak orang, jam 10 sebanyak 55 orang, dan sampai setelah dzuhur sebanyak 50 orang, jumlah total sebanyak 135 orang,” kata Ayun, Sabtu, 9 Mei 2020.

Lalu, Sekretaris Desa Air Putih Yudi juga menjelaskan secara teknis alokasi BLT DD Desa Air Putih masuk ke dalam kategori serapan 30% dari total Dana Desa yang ada. Hal itu disebabkan Dana Desa Air Putih lebih dari 800 juta rupiah, yakni 814.563 dengan serapan BLT DD sebesar 243 juta rupiah.

Selain diserap untuk BLT, Dana Desa Air Putih juga diserap untuk program penanggulangan bencana sebesar Rp 71.622.000 yang telah diperuntukan pengadaan 3000 masker, disenfektan, dan lain-lain.

“Bukan berarti untuk dihabiskan, karena ada belanja operasional waktu nganggar karena juknis,” demikian Yudi.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button