NEWS

Peduli Warga Terdampak Covid-19, IKT dan UPZ Baznas Berbagi 1400 Paket Sembako di Babel dan Kepri

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Ikatan Karyawan Timah (IKT) dan UPZ Baznas PT Timah Tbk, Rabu, 13 Mei 2020, memberikan bantuan langsung berupa paket Ramadan kepada masyarakat kurang mampu dan terdampak Covid-19 di wilayah Bangka Belitung dan wilayah Kundur Kepulauan Riau.

Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk paket sembako dan bantuan langsung tunai.

Ketua Umum Ikatan Karyawan Timah (IKT), Fauzi Trisana mengatakan, kegiatan pemberian bantuan sembako ini terkhusus untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan terdampak Covid-19.

“Kegiatan ini juga dilakukan di beberapa tempat termasuk di luar Pulau Bangka daerah Operasional PT Timah Tbk yaitu di Kundur Kepulauan Riau,” ujarnya, Rabu, 13 Mei 2020.

Dalam pemberian paket semabako ini kata Fauzi, pihaknya menyiapkan kurang lebih 1400 paket dengan nilai nominal sekitar Rp 500 ribu.

“Ini mencakup wilayah Pangkapinang, Bangka Tengah, Belinyu kawasan UPLB, Muntok, Belitung, Toboali, Jebus, Sungailiat dan Kundur,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, dana bantuan pemberian sembako tersebut bersumber dari dana yang didapat dari Zakat Infaq Sadakoh (ZIS) karyawan PT Timah Tbk yang dipotong setiap bulannya dari penghasilan ataupun gaji 2,5 persen.

“Semua ini dikelola oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) PT Timah Tbk,” jelasnya.

Kita harapkan apa yang telah diberikan kali ini benar-benar bisa bermanfaat bagi masyarakat, baik itu masyarakat di Pulau Bangka maupun di Kepulauan Riau (Kundur).

Fauzi menambahkan, selain memberikan paket semabako kepada masyarakat umum pihaknya juga memberikan bantuan paket kepada rekan-rekan wartawan di Pangkalpinang sebanyak 100 paket.

“Mereka (wartawan) berhak menerima karena mereka merupakan ujung tombak dalam menyampaikan informasi pada kondisi saat ini. Dan dana ini juga bukan hanya untuk fakir miskin melainkan yang terdampak juga berhak menerima,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua UPZ Baznas PT Timah Tbk, H Dodi Setiabudi juga menjelaskan bahwa paket sembako ini dari dana ZIS Karyawan PT TIMAH yang dikumpulkan oleh UPZ Baznas PT Timah Tbk dan disalurkan oleh IKT.

“Untuk kategori yang menerima yaitu kaum dhuafa seperti lemah, tidak mempunyai penghasilan tetap, fakir miskin , anak-anak gelandangan, pemulung, anak yatim piatu yang tidak di panti ssuhan, orang cacat, orang-orang terlantar dan peminta-minta,” tutupnya.

Rincian per paket untuk masyarakat umum: Gula Pasir PSM 2kg, Minyak Goreng Fortune 2lt, Susu Kental Manis 2 kaleng, Mie Instant 1 dus, Kecap 1 pcs, Ikan Sarden Palapa 3 kaleng, Beras 15kg, Telur 1 papan (30 butir), dan Uang Tunai Rp.100.000.

Wilayah penerima bantuan sembako: Pangkalpinang dan Bangka Tengah 300 paket, Belinyu dan Kawasan UPLB 200 paket, Muntok 200 paket, Jebus 50 paket, Belitung 250 paket, Toboali 200 paket, Sungailiat 100 paket, dan Kundur dan Kawasan UPK 500 paket (sudah lebih dahulu tanggal 23 April 2020).

Release IKT

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button